Mohon tunggu...
Dea Mardyana
Dea Mardyana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Tematik untuk Pengoptimalan Pembelajaran di Kala Pandemi

29 Juli 2021   20:40 Diperbarui: 29 Juli 2021   21:07 270
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tema yang diangkat pada KKN 2021 adalah "Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan Dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19" dengan mengangkat tema ini, mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat khususnya dalam hal pendidikan dikeadaan pandemi dan ketahanan ekonomi di lingkungan masyarakat. 

Kegiatan KKN dilaksanakan secara online karena mendukung angka penurunan covid -19, untuk menghindari adanya kerumunan dan demi menjaga kesehatan mahasiswa UPI. Sebab melihat kondisi pandemi yang semakin meningkat. Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat merancang dengan maksimal berjalannya KKN 2021 termasuk dalam program-program yang akan dilaksanakan.

Salah satu program yang saya laksanakan adalah pendampingan siswa dengan sasaran 10 siswa. Didalam program terdapat kegiatan membantu siswa mengerjakan tugas dan mengulang pelajaran yang tidak dipahami, belajar mempersiapkan ujian mingguan. Dengan program studi pendidikan guru sekolah dasar yang mengambil tempat KKN di Sekolah dasar, saya memilih kegiatan KKN saya dilakukan di SDN SEMANAN 09 PAGI.

Walaupun keadaan pandemi saat ini guru dan siswa-siswi di sekolah dasar tetap bersemangat dalam pembelajaran yang menerapakan belajar dari rumah. Guru-guru tetap berusaha dengan maksimal dalam pendidikan siswa-siswinya. 

Meskipun ada hambatan yang dialami tetapi pengoptimalan tetap dilakukan. Dengan memanfaatkan berbagai media pedukung pembelajaran agar memudahkan dalam pembelajaran jarak jauh. 

Tidak banyak yang dikeluhkan guru dalam penanganan pembelajaran daring hanya saja ada satu dua orang siswa mengeluhkan belum bisa membuka aplikasi pendukung. Dengan bimbingan dan bantuan guru, siswa yang mempunyai kesulitan dapat bergabung dan menyesuaikan dengan yang lain.

Pembelajaran jarak jauh membutuhkan pemanfaatan media pendukung untuk pengoptimalan belajar mengajar dari rumah. Google form dapat digunakan untuk membuatkan absensi ataupun soal ujian. 

Google meet dimanfaatkan untuk tatap maya belajar dari rumah. Youtube menjadi media belajar siswa-siswi. Antusias siswa siswi dalam pembelajaran jarak jauh sangat tinggi. 

Dilihat saat saya melaksanakan program KKN yaitu penguatan, saya diberi kesempatan oleh guru kelas untuk berbicara didepan siswa-siswinya. Dan, saya suguhkan sebuah cerita anak yang sederhana kepada siswa-siswi, mereka sangat antusias dalam memperhatikan perdialognya dan memperhatikan permakna yang tersirat didalam ceritanya.

Pada keadaannya sebagian besar rasa antusias siswa-siswi sangat tinggi dalam pembelajaran belajar dari rumah. Karena guru mengemas pembelajaran yang menarik dengan aplikasi dan media yang sesuai dengan kebutuhan.

Memang, Situasi pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan. Memanfaatkan berbagai media menjadi sebuah upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran terutama ketika mengajar belajar dari rumah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun