Mohon tunggu...
DeaAyuSholikhah
DeaAyuSholikhah Mohon Tunggu... dea ayu sholikhah

lahir:27-desember-2000

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Langkah-langkan dan Teknik Konseling

27 Oktober 2020   19:57 Diperbarui: 27 Oktober 2020   20:01 8 0 0 Mohon Tunggu...

langkah langkah dalam suatu bimbingan dan konseling adalah tahapan-tahapan dalam proses pelaksanaan bimbingan dan konseling,di mulai dari suatu perencanaan,kemudian pelaksanaan hingga sesi terakhir dari bimbingan tersebut. sedangkan teknik adalah suatu cara,langkah ataupun metode yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan atau yang telah direncanakan .

langkah -langkah dalam bimbingan konseling ada 5,sebagai berikut:

1. langkah identifikasi kasus

2. langkah diagnosa

3. langkah prognosa

4. langkah terapi

5. langkah evaluasi dan follow up

sedangkan teknik dalam bimbingan dan konseling dibagi menjadi dua bagian yaitu :teknik umum dan teknik khusus

teknik umum terdirir dari beberapa teknik antara lain yaitu: perilaku attending,empati,refleksi,eksplorasi,menangkap pesan,pertanyaan terbuka ,dorongan minimal,mengarahkan,interprestasi,dan yang terakhir adalah menyimpulkan sementara.

sedangkan teknik khusus memiliki beberapa teknik yaitu secara khusus diantaranya adalah: latihan asensif,disentisasi sistematis,pengkondisian aversi,pembentukan perilaku model,permaianan dialog,dan latihan tanggung jawab.

langkah-langkah dan teknik konseling ini sangat dibutuhkan sebelum kita melakukan penelitian atau rencana agar dalam suatu penelitian tersebut dapat berjalan lancar dan tercapainya tujuan yang telah direncanakan atau yang telah ditetapkan sebelumnya

VIDEO PILIHAN