Mohon tunggu...
David Rusady
David Rusady Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Menikah Atau Tidak Sama Sekali

7 Mei 2015   12:01 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:17 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menikah dan mempunyai keturunan tentu sudah menjadi dambaan bagi setiap orang, namun menikah tidaklah semudah yang kita bayangkan. Menurut saya menikah itu sangat menyulitkan. Bayangkan saja, kita yang awalnya hanya menanggung biaya hidup kita sendiri, akhirnya harus menanggung biaya hidup istri dan anak kita.

Jika dilihat dari sisi biaya, memang kita sebagai kaum adam merasa diberatkan, karena seorang ayah harus mencari nafkah untuk menghidupi istri dan anak kita. Namun jika dilihat dari sisi lainnya, menikah memang ada baiknya.  Hal baiknya adalah kita menjadi lebih semangat dalam bekerja, kepuasan biologis dapat terpenuhi dan kita dapat berbangga hati melihat anak kita mencapai cita-citanya.

Setelah menikah, apakah semua akan berjalan dengan baik-baik saja? Jawaban pastinya adalah tidak. Saya telah banyak melihat pasangan suami istri yang menurut saya menunjukkan ketidakharmonisan di dalam keluarganya. Entah dikarenakan suaminya yang sering membuat masalah atau istrinyalah yang merasa tidak sejalan dengan suaminya. Inti yang ingin saya sampaikan disini adalah membangun sebuah keluarga yang harmonis itu tidaklah mudah dan setelah menikah pasti akan ada masalah baru yang akan datang.

Pada zaman sekarang ini, menikah tidaklah murah. Jujur, saya tidak mengetahui biaya pasti yang akan dikeluarkan untuk menikah, karena saya sendiri belum menikah. Namun yang pasti biaya untuk melakukan pernikahan bisa sampai berjuta-juta rupiah dan menurut saya ini tidaklah murah mengingat gaji saya yang hanya berkisar 2jt/bulan.

Kesimpulan dari semuanya adalah jika kalian ingin menikah persiapkanlah segalanya mulai dari sekarang. Mulai dari rumah, pekerjaan tetap, pasangan yang benar-benar siap untuk hidup bersama dengan anda dalam kesenangan maupun dalam kesusahan dan pastinya modal untuk melakukan pernikahan. Jika kalian belum mempersiapkan itu semua, saya sarankan agar anda jangan menikah dulu, karena menikah tanpa persiapan yang matang akan membawa banyak masalah dikemudian harinya.

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang dapat dimengerti. Penulis berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penulispun sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun