Mohon tunggu...
Darmawan bin Daskim
Darmawan bin Daskim Mohon Tunggu... Seorang petualang mutasi

Pegawai negeri normal

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Peran Duta Transformasi dalam Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan

28 Mei 2021   00:49 Diperbarui: 28 Mei 2021   00:55 183 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Duta Transformasi dalam Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan
tor program duta transformasi (dokpri)

Pelajaran dari ucapan Kang Mus Preman Pensiun dalam tulisan sebelumnya "Kang Mus Preman Pensiun Sebagai Duta Transformasi (Bagian ke-2)" bahwa transformasi merupakan perubahan positif yang terdiri dari beberapa proses, yaitu (1) menemukan dampak negatif, (2) menemukan penyebab dampak negatif, (3) meyakinkan seluruh anggota akan dampak negatif sekaligus penyebabnya, (4) mengajak seluruh anggota menemukan solusi atas masalah, dan (5) menjalankan solusi terpilih.

Menemukan Dampak Negatif

Pada Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 di Bab I Pendahuluan pada bagian Latar Belakang dapat kita temukan dampak negatifnya, yaitu (1) krisis ekonomi yang dialami Indonesia tahun 1997 dan (2) krisis multidimensi pada tahun 1998.

Menemukan Penyebab Dampak Negatif

Penyebab dampak negatifnya dalam hal birokrasi dan lembaga pemerintahan adalah (1) adanya penyalahgunaan kewenangan publik oleh pejabat di instansi yang bersangkutan, (2) mutu pelayanan kepada masyarakat yang belum optimal, (3) mutu perumusan dan pelaksanaan kebijakan/program instansi yang belum optimal, (4) tidak adanya efisiensi biaya dan waktu dalam pelaksanaan semua segi tugas organisasi, dan (5) birokrasi Indonesia yang tidak antisipatif, proaktif, dan efektif dalam menghadapi globalisasi dan dinamika perubahan lingkungan strategis.

Meyakinkan Seluruh Anggota akan Dampak Negatif Sekaligus Penyebabnya

Meyakinkan seluruh lapiran masyarakat khususnya pihak terkait bahwa dengan adanya penyebab dampak negatif tersebut di atas tadi, visi yang menjadi keinginan bersama (1) mewujudkan pemerintahan demokratis dan (2) mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat yang didasarkan pada nilai-nilai sadar sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 akan sulit dicapai.

Mengajak Seluruh Anggota Menemukan Solusi atas Masalah

Menurut KBBI online, masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan (dipecahkan). Dengan kata lain masalah adalah kesenjangan antara realita dan harapan.

Dampak negatif dan penyebab dampak negatif di atas adalah yang menjadi masalahnya.

Solusi yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut adalah reformasi penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk di dalamnya reformasi di bidang politik, hukum, ekonomi, dan khususnya (1) reformasi birokrasi dan (2) transformasi kelembagaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN