Dany Mifta
Dany Mifta Wiraswasta

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Remaja Berprestasi

12 Juni 2018   19:39 Diperbarui: 12 Juni 2018   19:56 196 1 0

Remaja berprestasi.?..begini caranya."

Perasaan Galau itu Biasa

Masa remaja adalah masa yang paling berkesan, karena memberikan banyak sekali pengalaman hidup yang sangat berarti untuk masa depan. Di masa remaja inilah saat yang paling tepat untuk mengukir banyak prestasi, karena masa remaja peluang untuk meraih prestasi sangatlah terbuka lebar bagi siapapun. asalkan dia bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin

Memang  banyak sekali tantangan yang harus kita lalui jika ingin meraih beragam prestasi yang ingin dicapai. Salah satu permasalahan yang acap kali muncul dalam diri seorang remaja adalah GALAU. 

Ya, satu kata ini memang tidak bisa dipisahkan dari diri seorang remaja, karena masa remaja adalah masa-masa yang labil dan masa dimana seorang remaja yang akan tumbuh dewasa berusaha untuk mencari jati diri masing-masing. 

Mereka ingin tahu apa kekurangan dan kelebihan mereka. Mereka ingin mengetahui apa yang terbaik untuk masa depan mereka, padahal di satu sisi mereka masih ingin menikmati masa-masa indah mereka dengan bersenang-senang, namun di sisi lain mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang lebih banyak tantangan tentunya. 

Nah itulah biasanya awal mula kenakalan remaja muncul, karena mungkin mereka mengalami konflik dalam diri mereka yang terkadang membuat mereka menjadi putus asa. Karena memang pada dasarnya remaja menuntut kesenangan dan belum terbiasa menghadapi kesukaran yang dialami orang dewasa. 

Untuk menghadapi kegalauan karena tantangan-tantangan didepan, maka seorang remaja hendaknya mempunyai visi dan misi yang jelas untuk masa depan mereka. Mereka harus mengingat bahwa selain diri mereka sendiri masih ada orang tua serta keluarga yang lain yang harus mereka bahagiakan dan paling tidak dapat membalas sedikit pengorbanan mereka untuk kita dimasa kecil dulu. 

Remaja seharusnya sering berkonsultasi dengan orang tua, agar masa depan mereka benar-benar terarahkan. Karena orang tua tentunya akan mengarahkan yang terbaik untuk anaknya. Selain itu lingkungan juga harus mendukung untuk ini. 

Remaja Smart itu sepert ini! 

*         Smart = nggak kupeng 

Kupeng alias kurang pengetahuan. Muslimah itu wawasannya harus luas. Bukan cuma gosip artis yang diurusin atau model baju terbaru yang diketahui. Gadget terbaru selalu update tapi hanya untuk main game atau bahkan nyari gebetan via facebook. Rajin di depan TV tapi sekadar mantengin acara musik atau FTV. 

Penting sekali bagi remaja yang ingin berprestasi untuk menambah pengetahuan, baik dibidang ipTek, maupun keagamaan. Karena ipTek dengan agama keduanya saling melengkapi agar diri seseorang menjadi berprestasi dan tetap menjadi pribadi yang bisa dibanggakan oleh agamanya.

*         Smart = nggak kuper 

Kuper alias kurang pergaulan. Maksudnya adalah kurangnya bersosialisasi dengan orang lain, padahal sosialisasi itu hal yang sangat penting dalam kehidupan.

Kedua tipe di atas tak bisa dipilih. Muslim smart itu tipenya peduli. Bukan hanya diri sendiri, tapi juga keluarga, teman, dan lingkungan. Biar kata kamu harus banyak bergaul tapi ingat, bergaul yang syar'i itu harus kamu pahami. Tetap tidak boleh ada unsur bohong atau menipu di dalamnya. So, tetap jaga imej bahwa kamu muslim.  

*         Smart = jaga kehormatan 

Jaga kehormatan bukan berarti sok suci, karena banyak pada zaman sekarang orang yang berusaha menjaga kehormatannya dikatain sok sucilah, munafik lah, sombong lah, sok jual mahal lah. Padahal kan niat mereka baik. So, jangan dengarkan kata orang yang gapenting itu.

Menjaga kehormatan bukan berarti menutup diri dengan orang lain. Kita Harus tetap bergaul, tetapi yang syar'i lohh. Tetap menutup aurat, berkata yang baik-baik, dan menjaga jarak dengan lawan jenis. Bukan berarti menjauhi lawan jenis ya. Tetapi kita harus tahu dengan batasan-batasan yang sudah ditetapkan dalam Islam.

Bila perempuan utamanya muslimah mau mengikuti aturan ini dengan baik dan

Bila perempuan utamanya muslimah mau mengikuti aturan ini dengan baik dan benar maka fenomena cewek cabe-cabean seperti yang marak akhir-akhir ini nggak akan terjadi. 

*         Smart = mau ngaji 

Ngaji tak hanya sekedar membaca Al-Qur'an, tetapi juga mendalami apa isi kandungannya. Dengan begitu insya Allah kamu akan tau betapa banyak ilmu yang diajarkan dalam Islam. Mumpung masih muda, yuk sama-sama nyari ilmu buat tabungan akhirat! Karena yang namanya ajal hanya Allah SWT yang tahu, nggak peduli tua atau muda. 

Ini Tipsnya Menjadi Remaja Berprestasi 

1.       Berlatihlah menjadi pemimpin. Jangan ragukan kemampuan.

2.       Rajin belajar apaun yang kamu suka, asahlah itu agar menjadi bakatmu.

3.       Jangan malas mempelajari apa yang kurang kamu suka, karena remaja berprestasi tidak pilih-pilih, semua harus bisa.

4.       Percaya diri jangan mudah patah semangat.

5.       Hilangkan kebiasaan mencontek. Mereka saja bisa, masa kamu tidak? 

6.       Jangan malu bertanya. Pada dasarnya semua orang punya peluang untuk berprestasi, hanya saja terkadang mereka pemalu, rasa malu inilah yang membuat seseorang terlihat kurang pintar, padahal mereka bisa.

7.       Cukup istirahat, sangat penting untuk menjaga kebugaran jasmani dan rohani. Istirahat juga berguna untuk menyegarkan kembali pikiran yang lelah. 

Naah bagaimana? Sudah punya semangat baru untuk berprestasi? Semoga sudah ya,aamiin. 

Ingat kawan, pada dasarnya Allah SWT memberikan kita semua kemampuan yang sama. Tidak ada orang bodoh didunia ini. Yang ada hanya orang yang malas berusaha. Semua orang bisa kok berprestasi. 

Semua orang mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, jangan menyerah jika kamu mempunyai kekurangan pada suatu bidang tertentu, karena mungkin bidang itu memang bukan bakatmu. Kamu tidak bodoh kok, hanya mungkin kamu belum tahu dibidang mana letak kelebihanmu.