Mohon tunggu...
Danny Prasetyo
Danny Prasetyo Mohon Tunggu... Seorang pendidik ingin berbagi pemikiran kepada sesama

Menulis adalah buah karya dari sebuah ide ataupun pemikiran.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Pendidik, Mari Belajar dari Transformasi Rajawali

7 Mei 2020   21:02 Diperbarui: 7 Mei 2020   20:53 16 7 0 Mohon Tunggu...

Sudah hampir satu setengah bulan pembelajaran jarak jauh sudah dilakukan dan tentu membawa dampak baik kepada pendidik ataupun peserta didik itu sendiri.

Hal inilah yang dirasakan oleh penulis yang juga adalah seorang pendidik dan tentu tidak pernah terbayangkan apalagi mempersiapkan model pembelajaran jarak jauh atau via daring ini.

Meski demikian, justru hal inilah yang memacu penulis untuk makin berkembang dan mungkin juga berusaha untuk meninggalkan zona nyaman.

Burung Rajawali dikenal sebagai hewan yang menguasai angkasa atau udara karena ketajaman melihat dan juga membuat sarangnya di puncak-puncak bukit batu atau di tempat tinggi lainnya.

Burung Rajawali bukan burung yang suka dengan angin sepoi atau hanya terbang rendah di atas pohon atau atap rumah, tetapi hewan ini pasti akan terbang makin tinggi bahkan di tengah angin kencang atau mungkin dalam angin badai. Lalu apa kaitan burung Rajawali dengan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh pendidik saat ini?

Ibarat burung Rajawali yang tetap terbang makin tinggi bahkan saat menghadapi angin kencang atau badai, maka sebagai seorang pendidik dalam menghadapi angin kencang atau masalah maka justru ini akan membuat kita makin "terbang" tinggi.

Hal yang penulis maksudkan ialah justru ditengah situasi yang tidak ideal, namun bukan berarti kita menyalahkan keadaan tapi justru harusnya bisa memetik pelajaran apa yang kita bisa dapatkan dari kondisi ini. Paling tidak ada 2 hal sebagai pendidik saya dapatkan pembelajaran dari karakter burung Rajawali :

1. Meninggalkan zona nyaman

Tidak mudah bagi seorang pendidik dituntut langsung merubah mindset dari pembelajaran tatap muka di kelas menjadi tatap muka melalui media atau pembelajaran jarak jauh. Bagi mereka yang baru beberapa tahun menjadi pendidik, mungkin perubahan tersebut merupakan hal yang biasa, karena bisa jadi mereka juga berada dalam lingkup generasi yang sama.

Akan tetapi, bagaimana bagi para pendidik yang sudah belasan atau bahkan puluhan tahun mengajar, tentu perubahan ini merupakan hal yang tidak mudah. Hal ini dikarenakan harus meninggalkan zona nyaman dan tentu itu merupakan perjuangan tersendiri.

Penulis hanya sharing apa yang dialami sebagai seorang pendidik yang mengalami perubahan cara mengajar dan tentu bagi penulis bukan hal yang mudah, meski juga bukan hal yang sulit selama kita mau terbuka untuk belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN