Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Biasa aja

Tukang rebahan Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengenal "Catfishing", Pemalsuan Identitas Berkedok Cinta

24 Oktober 2021   12:33 Diperbarui: 24 Oktober 2021   20:16 318 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi "catfishing", pemalsuan identitas berkedok cinta. Sumber: pxfuel.com

Alkisah di negara Prindavan, Dara baru saja putus cinta dengan sang pacar. Padahal, mereka berjanji akan menikah dalam waktu dekat. Tapi, rencana itu batal karena suatu hal. 

Salah satu temannya menyarankan agar Dara mengisnstall aplikasi kencan online. Singkat cerita, ada salah satu pria yang berhasil mencuri perhatian Dara.

Di dalam profil aplikasi kencan online itu, si pria mengaku bernama Alfaro, ia berprofesi sebagai anggota TNI. Di dalam aplikasi kencan itu, foto profil Alfaro memakai seragam TNI, gagah sekali.  

Selain itu, Alfaro bersikap romantis pada Dara. Tentu saja Dara kepincut dan ingin bertemu dengannya. Akan tetapi, Alfaro menolak dengan alasan sibuk karena tugas. 

Dara menunggu dan bersabar, Alfaro janji jika waktu pesiar datang pasti akan menemui Dara. Nyatanya waktu tersebut tidak kunjung datang, Alfaro terus menolak dengan berbagai alasan. 

Teman-teman Dara mulai curiga dengan sikap Alfaro, pasalnya ia kerap menolak saat diajak bertemu. Bahkan, Alfaro menolak memberi foto dengan alasan ada aturan yang dilanggar.  

Suatu hari Dara pergi ke kafe. Tidak lama setelah itu datang pria yang mirip dengan Alfaro. Dara pun berinisiatif menyapa pria itu. Namun betapa terkejutnya Dara, si pria itu tak kenal dengan Dara. 

Padahal kedekatan mereka berdua begitu romantis di aplikasi kencan. Ternyata, pria yang ditemui Dara bukan Alfaro, ia bernama Beckham. Alfaro mencuri foto Bekcham dan dipakai untuk menipu orang seperti Dara. 

Kisah di atas adalah fiktif, ini hanya karangan saya semata. Dalam kasus di atas, apa yang dilakukan oleh Alfaro yang memakai identitas orang lain disebut dengan catfishing. 

Catfishing bisa diartikan seseorang yang menggunakan informasi palsu untuk membuat identitas palsu di media sosial atau platform online lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan