Mohon tunggu...
Amakusa Shiro
Amakusa Shiro Mohon Tunggu... Engineer -

A masterless Samurai

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Aufheben Robotron

30 September 2017   09:39 Diperbarui: 3 Oktober 2017   23:10 1530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Robotaro sedang mengunyah oden-nya di yatai daerah Kabukitron, sambil sesekali menyeruput onigoroshi, merek sake kesukaannya yang disajikan dengan atsukan, secara hangat.

Dia menghitung sudah 10 tahun berlalu, semenjak dia sadar akan keberadaannya disini.

Robotaro merupakan robotron generasi ke-3 yang kini menjadi mayoritas (mendominasi) populasi robotron di negeri Nitron, tempat dia tinggal. Puutaro Heavy Industries sebagai satu2 nya badan yang memproduksi robotron, memang giat menciptakan banyak robotron seperti dirinya, guna membangun infrastruktur maupun untuk menunjang kelangsungan hidup (dan populasi) robotron di Nitron, sebuah negara independen dengan ibukota Totron yang dihuni oleh jutaan robotron.

Dari cerita yang dia dengar, konon Totron ini dahulu kala adalah ibukota negara Jepang (Nihon) yang sangat maju bernama Tokyo.

Itu dulu, waktu daerah ini masih dikuasai oleh makhluk yang bernama manusia, yang sekarang sudah punah.

Robotron mengambil alih daerah ini (dan tampaknya juga di seluruh bagian di planet) mulai ratusan tahun yang lalu. Sekarang, populasi makhluk yang bernama manusia ini sudah tidak ada lagi di planet yang dahulunya disebut bumi.

Dia mendengar bahwa ada museum di daerah Shintron yang memuat sejarah atau serba-serbi mengenai makhluk manusia. Namun sayangnya, Robotaro belum pernah mengunjunginya.

Tahun 2350, setahun lagi kedepan, akan diadakan pemilihan Genetron, yaitu pemimpin tertinggi di Nitron. Saat ini, robotron yang ingin mencalonkan diri menjadi Genetron sudah memulai kampanyenya. 

Ketika dia hendak menuangkan kembali beberapa tetes osake dari tokkuri ke ochoko, Robojiro, sahabatnya, menepuk pundaknya.

"Hei Robotaro, Genki kai? Apa kabar ? Sedang apa kau disini ?"

"Oh, Robojiro. Bocchi bocchi denna. Seperti biasalah. Aku lapar sekali, jadi aku sengaja kesini."  Robotaro berkata sambil memperlihatkan sepiring oden di depannya kepada Robojiro.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun