Mohon tunggu...
Danawiryya Silaksanti
Danawiryya Silaksanti Mohon Tunggu... Lainnya - transport, travel, writing

An ordinary person, who concern about the environmental sustainability, climate change, public transportation, sustainable transportation, and also like traveling, and suggest people to explore the beauty of Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pulau Kanawa, Keindahan di Ujung Barat Flores

14 Januari 2022   14:00 Diperbarui: 14 Januari 2022   14:09 221 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pulau Kanawa  (dokumentasi pribadi)

Kepulauan Komodo...Hmmm...begitu indah alamnya...

Pada bulan Oktober 2012 saya berkesempatan menyambangi daerah di ujung barat Pulau Flores, NTT, tepatnya di kota Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Labuan Bajo bisa dikunjungi lewat laut dan udara, saat itu saya dan 2 orang teman dari Jakarta naik pesawat transit di Denpasar, lalu lanjut dgn pesawat yg lebih kecil menuju Bandara Komodo di Labuan Bajo. 

Saat tiba di Bandara Komodo, view di sekitar runway baguuss sekali, dgn perbukitan di laut dan gradasi warna laut yang begitu indahnya (biru tua, biru muda, tosca). Untuk tempat menginap, terpilihlah sebuah penginapan di Pulau Kanawa karena setelah browsing sebelumnya di Jakarta, saya sudah jatuh hati dgn indahnya tempat ini sehingga membuat saya ingin merasakan menjadi turis di pulau pribadi. 

Ya, memang Pulau Kanawa adalah pulau yg tdk berpenduduk sehingga hanya ada penginapan yg menawarkan sensasi resort dgn harga yang masih terjangkau, yaitu mulai 200 ribuan jg sdh bisa menginap di sini (untuk harga update silakan browsing dan kontak penginapannya langsung yaaa). 

Untuk tempat menginap pun, kita bisa memilih di bungalow dgn kamar mandi pribadi, bungalow dgn kamar mandi sharing, sampai menginap di tenda pun bisa !! Bahkan kalau membawa tenda sendiri, kita tinggal menyewa lahannya saja. Untuk keberangkatan dari Pelabuhan Labuan Bajo ke P. Kanawa, sudah disediakan kapal milik Kanawa, yang hanya sekali saja setiap harinya, yaitu setiap jam 12.00 WITA.

Kanawa adalah sebuah pulau kecil yang indah, di sekitar pantainya bisa langsung snorkeling, dan ada bukit juga di balik penginapannya. Bukit ini bisa didaki untuk melihat pemandangan sunset ataupun sunrise. Saat kita mendaki di sore hari, anginnya super kenceng, dan karena saat itu musim kemarau, jadi warna dominannya adalah kuning & cokelat. Ditambah lagi kesulitan mendaki karena ada beberapa titik yang curam dan tidak adanya pegangan sama sekali, jadi terpaksa hanya memegang rumput-rumput kering supaya tidak terpeleset.

Begitu sampai di puncak bukit, hanya bisa mengucap Subhanallah...indahnya...kita bisa melihat seluruh pemandangan laut dan pulau-pulau di sekitar Kanawa...ssooo beautiful :)

Untuk makan malam, kita hanya bisa memesan di cafenya Kanawa, mengingat tidak ada penduduk sehingga tidak ada warung yang menawarkan aneka macam jajanan. Dan karena pasokan listriknya dibatasi, pengelola hanya menyalakan listrik sekitar jam 18.00 sd 23.00 WITA. Jadi pada saat-saat tersebut kita harus segera mengecas segala macam gadget yang kita bawa.

Untuk trip keesokan harinya, kita bisa memilih trip ke P. Rinca atau P. Komodo. Kebetulan saat itu kami hanya bisa mengambil 1 trip karena waktu yang kami miliki juga terbatas. Jadi beruntunglah kami yang akhirnya bisa melakukan perjalanan ke P. Komodo,dengan beberapa agenda pemberhentian, yaitu Pink Beach, Manta Point dan Batu Bolong. Ketiga tempat ini kami datangi setelah mengunjungi P. Komodo terlebih dahulu. Tips perjalanan ke P. Komodo, sebaiknya jangan datang di saat musim angin barat karena saat itu angin kencang sekali dan ombaknya tinggi, tapi beruntunglah kami yg pada pagi itu angin sudah stabil setelah malam sebelumnya angin bertiup sangat kencang sehingga kami nyaris tidak bisa ke P. Komodo.

Untuk tracking di P. Komodo, kita bisa memilih short, medium, long, atau adventure track, tergantung kekuatan fisik dan waktu yang kita punya. Kebetulan kami saat itu memilih short track karena hari sudah siang dan kami masih ingin snorkeling di Pink Beach, Manta Point dan Batu Bolong. Setelah puas berfoto dengan komodo dan menikmati pemandangan di P. Komodo, kami segera bergegas menuju kapal dan makan siang di kapal, dan langsung menuju Pink Beach.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan