Mohon tunggu...
Damarra Kartika
Damarra Kartika Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Studi Komunikasi Massa dan Digital Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wira-wiri Menulis Digital, Sudah Paham W3C?

21 September 2020   15:58 Diperbarui: 21 September 2020   16:54 58 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wira-wiri Menulis Digital, Sudah Paham W3C?
Gambar 1. W3C via ZDNet

Buat kamu yang suka menulis secara digital dengan laman atau website, pernah tahu nggak kalau ternyata ada pedomannya?

Masih dalam kaitannya dengan penulisan digital, kali ini kita akan membahas soal panduan penulisan digital menurut World Wide Web (WWW). Seolah memahami kalau cara menulis luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) akan berbeda, WWW merangkum panduannya dalam W3C.

Soal Panduan W3C

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan "panduan" sebagai penunjuk jalan atau pengiring. Panduan dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan sesuatu.

Dalam buku Because Digital Writing Matters dinjabarkan W3C merupakan singkatan dari World Wide Web Consortium. Beberapa sudah pernah kita ulas bersama dalam tulisan sebelumnya. Kali ini, kita ulas panduan W3C dalam menulis di dunia digital yang belum dibahas dalam artikel sebelumnya.  

Cara Kamu Menulis

Membicarakan penulisan digital nggak akan pernah bisa lepas dari pembahasan rutinitas manusia yang serba cepat. Efek dari serba cepat ini banyak hal harus dilakukan bersamaan, tetapi dengan hasil yang maksimal. Hal yang sama berlaku ketika orang membaca tulisan dalam dunia digital. Waktu yang dimiliki singkat, tetapi informasi yang didapatkan harus maksimal.

Dalam menyikapi hal ini, orang tentu akan memilih untuk membaca topik-topik yang menarik atau aktual. Oleh karena itu, pastikan judul dan deskripsi jelas dan akurat. Topik yang diangkat sebaiknya yang memang sedang hangat menjadi agenda atau pembicaraan publik, atau sekalian tidak sedang hangat, ya harus berbeda atau unik.  

Sehingga orang akan merasa waktunya tidak terbuang percuma ketika membaca tulisan kita. Penempatan topik di awal kalimat atau paragraf juga menjadi kunci menurut pedoman W3C. Secepat mungkin, orang harus mendapatkan hal apa yang ingin kita sampaikan melalui tulisan digital. Cara lain yang mendukung orang mendapatkan poin yang ingin kita sampaikan adalah dengan merangkum ide utama dalam paragraf. Jadi, pindah paragraf kamu juga harus pindah ide utama penjelasan atau deksripsi ya!

Dalam setiap paragraf, ada baiknya tidak menggunakan struktur kalimat yang rumit atau berbelit. Bahasa yang digunakan juga sebaiknya yang sederhana atau mudah dimengerti. Jangan terlalu banyak menggunakan kiasan atau kata-kata yang memiliki makna ganda. 

Sudah waktu mereka sempit, kamu persulit lagi, memang mereka mau berpikir rumit?

Selanjutnya soal suatu topik yang jarang didiskusikan, namun penting dan terkadang tidak dihiraukan. Hal ini penting apalagi kalau kita menulis sesuatu yang mengutip orang lain, mengambil gambar orang lain dalam jaringan, atau menggunakan hasil karya berupa audio dan video milik orang lain. Sudah banyak kan, kasus orang dituntut karena ternyata dia tidak menyadari kalau sama seperti di dunia  nyata, menggunakan barang atau karya milik orang lain, apalagi mempublikasikannya, tentu ada aturannya.

Serba Serbi Hak Cipta

Hak Cipta merupakan suatu hal yang harus disertakan dengan lengkap. Dalam pengambilan karya, biasanya sumber diinformasikan tepat di bawah gambar atau video atau karya yang digunakan dan dipublikasikan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x