Mohon tunggu...
Muhammad Daffa Sihma Pradana
Muhammad Daffa Sihma Pradana Mohon Tunggu... Pribadi

Berjuang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa UNDIP Membantu Masyarakat di Sektor Perekonomian dan Kesehatan Kerja di Masa Pandemi Covid-19

15 Agustus 2020   15:29 Diperbarui: 15 Agustus 2020   15:25 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNDIP Membantu Masyarakat di Sektor Perekonomian dan Kesehatan Kerja di Masa Pandemi Covid-19
Sosialisasi kepada para pelaku UMKM terkait pengembangan UMKM di era digital. Sumber: dok. pribadi 

Jakarta (07/08/20) -- Pada masa pandemi COVID-19 ini tentunya banyak sekali dampak yang dirasakan oleh masyarakat. Berbagai upaya pun telah dilakukan pemerintah demi memutus rantai penyebaran virus ini. Oleh karena itu, dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)", Universitas Diponegoro melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga turut serta dalam membantu masyarakat mengatasi situasi di masa pandemi ini. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan KKN pada tahun ini dilaksanakan di wilayah tempat tinggal masing-masing peserta selama 45 hari yang dimulai sejak tanggal 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020.

Mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, M Daffa Sihma Pradana, melaksanakan kegiatan KKN di wilayah tempat tinggalnya, tepatnya di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut diawali dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dengan melakukan observasi wilayah dan melakukan diskusi dengan beberapa masyarakat sekitar.

M Daffa Sihma Pradana menemukan banyak masyarakat sekitar yang merasakan dampak langsung dari pandemi COVID-19 ini. Pada sektor perekonomian, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu dari pihak yang merasakan dampak negatif dari wabah COVID-19.

Banyak pelaku UMKM yang merasa resah karena penghasilan yang didapatkan selama masa pandemi semakin berkurang. Mereka mulai merasa kesulitan dalam mengatur penghasilan dan pengeluaran, bahkan sebagian UMKM sudah berada dalam keadaan kritis. UMKM yang merasakan hal demikian adalah warung makan, konveksi baju, pedagang asongan hingga pedagang pasar khususnya di wilayah Kecamatan Kemayoran dan Kecamatan Johar Baru, Kota Jakarta Pusat. Selain itu, pada sektor kesehatan, banyak sekali para pekerja industri yang kurang kesadaran akan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Berdasarkan dari dua permasalahan yang ditemukan, M Daffa Sihma Pradana bekerjasama dengan pemerintah setempat membuat dan melaksanakan program yang diharapkan dapat membantu masyarakat pada masa pandemi COVID-19 khususnya di sektor perekonomian dan kesehatan pekerja. Program pertama yang dilakukan M Daffa Sihma Pradana yaitu mengadakan sosialisasi kepada para pelaku UMKM tentang strategi digitalisasi demi meningkatkan perekonomian pada masa pandemi.

Sedangkan, program kedua yang dilakukan M Daffa Sihma Pradana yaitu mengadakan sosialisasi kepada para pekerja tentang penerapan keselamatan dan kesehatan kerja demi terciptanya lingkungan kerja yang aman. Semua program tersebut dilaksanakan di sekitar Kecamatan Kemayoran dan Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Sosialisasi kepada para pekerja terkait K3. Sumber: dok. pribadi 
Sosialisasi kepada para pekerja terkait K3. Sumber: dok. pribadi 
Kegiatan sosialisasi tersebut juga disertai dengan pembagian booklet kepada para pelaku UMKM dan para pekerja. Booklet yang berisi tentang strategi digitalisasi UMKM diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para pelaku UMKM bahwa untuk dapat bertahan di masa pandemi COVID-19 tidak sesulit yang diperkirakan.

Perubahan perilaku konsumen dengan mengurangi kontak fisik dan aktivitas di luar rumah membuat peluang UMKM yang terhubung dengan sistem digital untuk dapat bertahan, bahkan melaju di tengah pandemi. Sedangkan, booklet yang berisi tentang penerapan keselamatan dan kesehatan kerja diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para pekerja dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan akibat kerja serta lebih menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di lingkungan kerja, sehingga akan berdampak pada peningkatan produktivitas tenaga kerja.

Dengan booklet sebagai panduan, diharapkan dapat mempermudah Mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melakukan mentoring dan evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan tersebut.

Bagian cover dari booklet yang dibagikan. Sumber: dok. pribadi 
Bagian cover dari booklet yang dibagikan. Sumber: dok. pribadi 
Penulis : M. Daffa Sihma Pradana
Editor   : Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

VIDEO PILIHAN