[caption id="attachment_365698" align="aligncenter" width="600" caption="Dok Pribadi/Fitur mobile apps ATB"][/caption]
PT. Adhya Tirta Batam (ATB) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Perusahaan air minum swasta di Kota Batam tersebut tidak hanya memperkuat infrastruktur, namun juga menambah pelayanan kepada pelanggan. Februari 2015 ini, ATB akan meluncurkan mobile application (mobile apps). Melalui aplikasi tersebut, pelanggandapatmengaksesberagaminformasimengenaiATB, mulaidariinformasipelayananpublikhinggainformasigangguansuplai.
Mobile Apps yang diluncurkan ATB ini dilengkapi beragam fitur yang sangat informatif dan berguna bagi pelanggan. PadamenuInformasipelanggandapatmengetahuiberitaterkinimengenaiATByangdihimpundalamtigakategori, yaituBeritaUmum, ATBUpdate & Event, danCSR.Padamenutersebut, pelangganjugadapatlangsungmengetahuibilaterjadigangguansuplaiair, mulaidarilokasi, waktuhinggapenyebabgangguansuplai.
MelaluimenuInformasipelangganjugadapatmengetahuihakdankewajibanpelanggan, caramenjadipelanggan, prosedursambungulang, rekategoripelanggan, uangjaminan, pengembalianuangpelanggan,baliknama, hinggacaramenyampaikankeluhan.
Bilainginmengetahuiberapajumlahtagihanyangharusdibayar, pelangganhanyatinggalmengklikmenuInfotagihandanmemasukannomorlangganan tanpa mencantumkan ‘IN’. misalkanbilanomorlangganannyaN-2D/123456, makanomorlanggananyangdimasukanhanya 123456,” jelasnya.
Sementara, bilapelangganinginmengaksesinformasiterkaitlokasitempatpembayarantagihanATB, pelanggandapatmembukamenuLokasiPembayarandanmengetikannamatempat. Misalkan, untukmengetahuitempatpembayarandiwilayahBaloimakapelanggancukupmemasukankataBaloi.
Kedepan fitur tersebut akan dikembangkan melalui digital map atau GIS, sehingga pelanggan hanya tinggal meng-klik menu Info Lokasi Pembayaran maka akan muncul peta GIS berikut dengan informasi tempat pembayaran yang terdekat dengan lokasi pelanggan berada. Informasi tersebut akan berlangsung secara otomatis karena sistem mengambil titik koordinat dimana pelanggan berada.
Sejak tahun 2011 ATB memang sudah mengembangkan GIS. Uniknya GIS tersebut dibuat sendiri oleh para karyawan. Sehingga, selain biaya yang dikeluarkan lebih hemat, peta Kota Batam juga lebih lengkap – bahkan jika dibandingkan dengan google map.
Melaluimobileapps, pelangganjugadapatmelihatgrafikpemakaianairsetiapbulandenganmengklikmenuGrafikPemakaianAir. Pengecekan grafik pemakaian air dibatasi untuk empat bulan terakhir. Untukmemanfaatkanfiturtersebut, prosesnya sama dengan Fitur Info Tagihan. Pelanggan hanya memasukan nomor langganan.
PelangganjugadapatmenyampaikankeluhankeATBmelaluimenuKeluhan. UntukmenyampaikankeluhanpelangganharusmemasukanNama, Alamat, Nomorpelanggan, Nomortelepon, Jeniskeluhan , terdiridaritigapilihanjeniskeluhanyangdapatdipilihyaituairkeruh, pipabocor, danairmati.
Mobileappsjugamemungkinkanpelangganuntukmelihatgrafikdataloggerperstationuntukpemakaianairsetiap 15 menitsesuaidenganwaterpressure logger yang terdekat dari posisi pelanggan. InformasitersebutdapatdiaksesmelaluimenuLogger.
Aplikasi tersebut dapat diunduh oleh semua pelanggan ATB yang memiliki telepon selular d melalui google playstore. ATB juga kedepan akan memberikan link yang dapat diakses oleh pelanggan, baik melalui website resmi ATB www.atbbatam.com, maupun sosial media ATB.
Nopember 2014 lalu, aplikasi tersebut sebenarnya sudah diluncurkan secara internal kepada karyawan. Hal tersebut untuk memastikan apakah semua fitur berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu juga untuk meminta masukan atau saran dari karyawan ATB
Setelah peluncuran internal berjalan dengan baik, ATB mulai mensosialisasikan ke khalayak yang lebih luas. Sejak beberapa waktu lalu aplikasi tersebut sudah dapat diunduh melalui google playstore dengan keyword atb mobile, meski belum secara resmi diumumkan kepada pelanggan.
Ah, semoga setelah ada mobile apps, pelayanan kepada pelanggan menjadi lebih baik! Pelanggan hanya tingga mengklik saat ingin tahu informasi gangguan suplai atau informasi lainnya. Salam Kompasiana! (*)