Mohon tunggu...
Luthfi Anggoro W
Luthfi Anggoro W Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Seorang penulis dan Blogger di Enjintuls.com

Saya adalah seorang penulis artikel SEO yang sudah merintis karir sejak 2020. Saat ini saya mengerjakan blog/web Enjintuls.com, RHdesainrumah.com dan Blog.RHdesainrumah.com .

Selanjutnya

Tutup

Home

7 Cara Memasang Lantai Keramik yang Pas

6 September 2022   12:21 Diperbarui: 6 September 2022   12:29 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
7 Cara Memasang Lantai Keramik yang Tepat (Dokpri)

Kompasiana - Selain menggunakan jasa tukang, memasang keramik ternyata juga bisa dilakukan sendiri loh. Namun, untuk mencoba memasang keramik sendiri Anda dapat belajar perlahan dalam satu ruang dengan mengikuti cara memasang lantai keramik.

Penasaran dengan teknik pemasangan keramik yang tepat? Yuk simak bahasan cara memasang lantai keramik yang pas selengkapnya di bawah ini!

7 Cara Memasang Lantai Keramik yang Pas

Menyiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan alat bahan pemasangan keramik. Sebelum memasang keramik, maka Anda harus mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.

Jangan lupa untuk membeli keramik dengan jumlah yang lebih sebagai cadangan dan berjaga-jaga jika Anda membutuhkan keramik lagi dengan ukuran yang sama. Siapkan juga perlengkapan dan material lain. Pastikan semuanya benar-benar sudah siap.

Mengukur Luas Lantai Ruangan

Apabila alat dan bahan sudah lengkap, maka lakukanlah pengukuran luas pada lantai ruangan yang hendak dikeramik. Anda bisa mulai menghitung berapa jumlah keramik yang diperlukan untuk mengisi ruangan.

Buatlah juga benang sesuai garis meteran yang berfungsi sebagai acuan dalam memulai pemasangan keramik.

Mencoba Pemasangan Keramik Tanpa Semen

Langkah selanjutnya yakni mencoba memasangkan keramik di atas lantai tanpa menggunakan semen terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak keramik yang dibutuhkan untuk mengisi seluruh lantai.

Dengan cara coba-coba ini maka Anda bisa melihat apakah seluruh ruangan bisa pas dipasangkan dengan keramik atau perlu memotong keramik yang digunakan. Gunakan juga tile spacer agar dapat menentukan jarak yang cukup antar keramik yang telah ditata di atas lantai.

Merendam Keramik dalam Air

Tahapan penting selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah merendam keramik dalam air. Tahapan ini cukup penting mengingat fungsinya yakni membuat pori-pori dalam keramik bisa menyerap air.

Perendaman ini juga berfungsi untuk membuat keramik lebih lentur dan bisa mencegah keramik mudah lepas apabila sudah dipasang nantinya.

Mengoleskan Semen Pada Bagian Bawah Keramik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan