Mohon tunggu...
Citra Rahmah Putri
Citra Rahmah Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Pendidikan Khusus UNJ17 I Muslimah I.

Bismillahirrahmanirrahim. Suka membaca, dan mendengarkan banyak hal. Sedang belajar menyukai dan mencukupi kebutuhan menulis, Individu yang mencoba membiasakan menyukai Perpustakaan; yang mencoba menerima Kenyataan dan Memulai Rutinitas baru. Ingin terus Belajar Banyak Hal dari orang-orang Baik.

Selanjutnya

Tutup

Book

Resensi "Psikologi Anak Autis" Karya Tiwuk Dwi Hariyani dan Arif Siswanto

18 November 2022   02:54 Diperbarui: 19 November 2022   07:22 522
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillahirrahmanirrahim.

Qoutes: 

“Setiap anak itu unik dengan kelebihan dalam diri masing-masing, sehingga butuh pelayanan pendidikan yang berbeda-beda. Kenali, sayangi, dan tuntun mereka dengan sabar dan konsisten”.

-Anon-

Identitas Buku   : 

Judul                                :  Psikolgi Anak Autis

Penulis                           : Tiwuk Dwi Hariyani dan Arif Siswanto

Penyunting                   : Abd. Kholiq

Penata Letak                : r.l. Lendo

Reviewer                       : Ambhita Dhyaningrum, S.S., M.Hum

Ilustrator                      : Aulia Rahmat SM

Desain Cover               : Giyadi

Penerbit                        : Relasi Inti Media

Kota Penerbit             : Yogyakarta

Tahun                            : 2019

Jumlah Halaman      :  297 Halaman

ISBN                              : 978-602-0787-40-4.

Rangkuman pengantar Buku:

Buku membahas sekilas tentang pengertian anak autis, penyebab anak autis dan jenis-jenis terapi bagi anak autis dengan peristilahan dan perspektif medis dan psikologi. Lebih menekankan pada jenis dan kegunaan terapi-terapi pada anak autis.

Analisis Bacaan/Buku:

Istilah dalam buku ini lebih ke perspektif medis daripada perspektif pendidikan, seperti masih menggunakan kata “penyakit, penderita, kerusakan, dan lainnya”. Berbanding jika menggunakan perspektif pendidikan untuk anak autis umumnya tidak menggunakan istilah penyakit, tapi sindroma, hambatan atau gangguan. Buku ini juga membahas sebab-sebab anak autis dari pre, natal, dan post natal ketika ibu mengandung sampai melahirkan anaknya. Mengingatkanku pada setiap pembelajaran perspektif anak berkebutuhan khusus di kampus juga membahas pre, natal, dan post natal, hehe.

Buku ini juga tidak memutlakkan bahwa penyebab autis itu apa. Aku secaara pribadi setuju bahwa sampai sekarang, penelitian lebih mengarah untuk mengetahui anak autis ada pada masa post natal. 

Perhatikan gejala yang timbul pada perkembangan di usia 3 tahun, apakah terjadi hambatan dalam perkembangan emosi perilaku, sosialisasi, dan komunikasi anak.  Jika terjadi hambatan perkembangan sebaiknya ayah bunda konsultasi pada dokter anak/bidan/psikolog untuk memantau perkembangan anak. Jika di usia sekolah ( 5 tahun ke atas), konsultasikan ke guru, apakah terjadi hambatan dalam pendidikan anak dan segi sosialisasi anak ke anak lainnya.

Tentang Penulis:

Penulis 1:

Tiwuk Dwi Hariyani, S.Pd., M.Si, berprofesi sebagai guru sekolah dasar di sekolah inklusi Surakarta. Ibu Tiwuk pernah menempuh pendidikan S1 FKIP tahun 2000 dan S2 Bio Sains tahun 2013. Ibu Tiwuk juga aktif dalam menulis dengan menghasilakan 4 (empat) karya seperti di tahun 2017 menghasilkan karya berjudul “Sukses USM” dan “Sains SD Bilingual”. Ibu Tiwuk mulai menulis pada tahun 2015 dengan judul buku “Asmaul Husna” dan “Olimpiade SD” tahun 2016. Menurutku, ibu Tiwuk konsisten dalam menulis setiap tahunnya.

Penulis 2:

Arif Siswanto, SST. TW, MPH. Berprofesi sebagai dosen jurusan Terapi Wicara di Politeknik Kesehatan Surakarta. Pak Arif Siswanto juga seorang praktisi terapi wicara di Al-Azhar 21 Solo Baru. Seorang praktisi terapi wicara sepesialisasi kasus anak-anak dengan fokus gangguan bahasa dan bicara. Aktfi melakukan mobile screening unit pada kasus tumbuh kembang anak yang bekerjasama dengan institusi pendidikan luar biasa. Pak Arif menyelesaikan studi pendidikannya Diploma III Jurusan Okupasi, Diploma III Jurusan Terapi Wicara Politeknik Kesehatan (2009), Diploma IV Terapi wicara, dan S2 Magister of Public Health (2017).

Penilaian Mengenai Cerita Ini :

Kelebihan 

Ada glosarium, menjelaskan jenis-jenis terapis, dan klasifikasi jenis-jenis sindrom pada autis. Jenis kertas yang tebal menjadikan nilai + untuk  buku ini.

Kekurangan

Sedikit menggunakan gambar-gambar pendukung. Menurutku karena pembahasan yang terlalu medis sedikit membosankan, sebab paragraf-paragraf yang terlalu panjang dan pemilihan jenis huruf  terkesan kaku dan monoton. Butuh motivasi untuk enjoy membaca buku ini. Terdapat banyak "typo" dan singkatan-singkatan di buku ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun