Mohon tunggu...
Christi Parnamita
Christi Parnamita Mohon Tunggu... Konsultan - Sharing yuk perihal Trading Forex

a wanderer, a tip of stardust

Selanjutnya

Tutup

Financial

Taktik Jitu Memulai Trading dengan Expert Advisor

19 Juni 2021   15:19 Diperbarui: 19 Juni 2021   15:29 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Stigma tentang forex selalu dikaitkan dengan scam atau penipuan. fearmongering bahwa lebih banyak orang mengalami loss ketimbang profit sudah awam sekali bagi masyarakat. Pada nyatanya, Forex apabila dioptimalkan dapat menghasilkan profit yang signifikan. Terlebih lagi, hal ini dapat dilakukan dirumah saja. Lalu, bagaimana kiat-kiat mengoptimalkan Trading Forex?

Sebelum memulai trading, pastikan bahwa dana yang anda gunakan adalah dana yang sudah anda siapkan. Jangan sampai berhutang untuk investasi. Anda bisa menabung dan mulai mempelajari strategi serta fundamental forex, sehingga ketika dana anda telah terkumpul anda sudah memahami resiko, strategi, serta fundamental dari Forex trading. 

Hal-hal akan menjadi semakin mudah apabila anda sudah memahami dasar-dasar dari pasar Forex. Anda bisa mempelajari strategi yang cocok dengan pair yang anda kehendaki. Anda bisa mengujikan terlebih dahulu strategi yang anda kehendaki di akun demo. Banyak broker yang menyediakan asistensi bahkan ketika anda baru mulai di Demo account. Demo account dapat melatih manajemen resiko anda, pastikan anda memahami bahwa anda tidak selamanya akan profit dan kaya instan. 

Loss sangatlah umum dan mungkin terjadi, jangan terlalu terpatok pada 'harus profit'. melainkan, apabila anda mengalami loss selama masih dalam ambang wajar, tidak masalah akan digantikan dengan profit yang lebih besar.

Anda perlu waspada apabila broker anda menjanjikan profit besar dalam waktu singkat, sudah dipastikan itu SCAM. tidak ada jaminan pasti profit dalam jumlah besar di waktu yang singkat, karena Forex bukanlah ladang pesugihan yang membuat anda instant kaya, hehe. investor yang bijak adalah investor yang sabar dan dapat mengendalikan emosi. Sebelum anda membayangkan menjadi kaya, nikmati terlebih dahulu proses pembelajaran yang ada. Anda harus belajar dan menginvestasikan waktu anda untuk memahami terlebih dahulu instrumen tempat anda mempercayakan uang.

Sebagai contohnya, saya mulai trading 4 bulan yang lalu dengan modal yang saya kira cukup rasanya. Saya memahami bahwa kendala yang saya alami adalah kurang percaya diri untuk mengambil keputusan open posisi saat trading. 

Saya rasa saya perlu menggunakan jasa expert advisor. Keputusan yang saya pikir matang-matang yang mengharuskan saya melakukan riset mendalam tentang expert advisor yang tersedia. 

Selain membaca review dan juga bertanya via email serta livechat dari penyedia expert advisor, saya memutuskan untuk coba demo account. 

Saya berusaha sangat hati-hati dalam memilih Robot Forex karena saya tidak mau dana yang saya kumpulkan dengan susah payah hilang begitu saja digondol Penyedia Robot yang tidak amanah.

Sampai akhirnya saya sudah cukup yakin dan memutuskan untuk memasang expert advisor di real account saya. Provider robot saya memang tidak menjanjikan hasil yang besar dalam waktu singkat, melainkan hasil yang optimal sesuai dengan kinerja robot. Saya cukup terkesan dengan hasil yang diberikan robotnya dalam waktu 3 bulan ini mengingat saya cukup duduk dan tidak perlu pusing-pusing memikirkan open posisi.

Begitulah sekilas gambaran ringkas tentang Trading Forex menggunakan Expert Advisor. Satu hal yang perlu digarisbawahi dari trading Forex adalah anda harus pandai mengatur emosi anda. jangan mudah senang apabila profit, dan jangan terlampau terpuruk apabila anda loss. Belajar dan terus belajar maka usaha tidak akan menghianati hasil.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun