Marc Marquez berhasil meraih gelar juara MotoGP Jerman untuk kesembilan kalinya di sirkuit Sachsenring. Sebelumnya Marc sudah menang delapan kali bersama Honda RC213V. Ini menjadi kemenangan pertama Marc bersama Ducati. Dimana sejak tahun 2021 Marc belum pernah lagi naik podium teratas di sirkuit ini. Momen kemenangan ini pun menjadi spesial karena ini menjadi balapan Grand Prix ke-200 Marc di kelas MotoGP.
Dalam semua kelas, kemenangan kali ini menjadi yang kedua belas bagi Marc. Kemenangan pertamanya pada tahun 2010 adalah di kelas 125 CC. Kemenangan keduanya pada tahun 2011 di kelas Moto2. Kemenangan ketiganya pada tahun 2012 juga di kelas Moto2.
Sejak 2013 Marc kemudian pindah ke MotoGP bersama Honda RC213V, dan ia pun berhasil menjuarainya terus secara berturut-turut tanpa putus hingga tahun 2019.
Tahun 2020 (tahun di mana Covid melanda seluruh dunia) Marc tidak ikut balapan karena mengalami cedera parah. Tahun 2021 adalah gelar terakhir Marc di Sachsenring bersama Honda. Raihan prestasi Marc di balapan MotoGP Jerman ini memang sangat luar biasa. Itulah sebabnya ia disebut sebagai King of Sachsenring
Di balapan MotoGP Sachsenring 2025 ini, dominasi Marc sangat terlihat jelas ketika ia meninggalkan Alex Marquez di posisi kedua dengan jarak 6,380 detik. Ini menjadi jarak terjauh di musim balapan 2025 ini. Podium ketiga menjadi milik Pecco Bagnaia yang tertinggal 7,080 detik dibelakang Marc.
Balapan kali terasa spesial karena semua pembalap yang berhasil finish kemudian mendapat poin. Yah karena hanya 10 pembalap saja yang akhirnya berhasil finish. Balapan belum dimulai tapi sudah ada empat pembalap yang tidak bisa ikut karena cedera. Somkiat Chantra, Enea Bastianini, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli yang kemarin mengalami kecelakaan pada sprint race. Praktis hanya 18 pembalap yang ikut balapan.
Â
Start dari P1, Marc Marquez melesat dengan cepat. Tikungan T1 dilewatinya dengan mulus. Padahal kemarin ia sempat melebar sehingga tergeser ke P5. Kalau sehari sebelumnya sirkuit diguyur hujan, maka pada balapan Minggu cuaca cerah dengan suhu di permukaan aspal sirkuit berkisar 34C
Umumnya pembalap memakai kompon slick Hard (depan) dan Medium (belakang)
Jalannya balapan di lap-lap awal masih berjalan ketat. Namun setelah lap ke-7 Marc praktis mulai menjauh dari kejaran Diggiantonio dan Bezzecchi.