Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Shin Tae-yong Menyuntik Tiki-taka pada Skuad Garuda dan 4 Kunci Kemenangan Atas Curacao di FIFA Matchday Jilid Dua

27 September 2022   23:01 Diperbarui: 28 September 2022   13:00 710 11 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi pemain Indonesia usai bobol gawang Curacao pada FIFA Matchday jilid 2, Selasa (27/9/2022) malam WIB: kompas.com/kristiano purnomo

 Bagaimana Anda menilai penampilan Timnas Indonesia saat bersua untuk kedua kalinya dengan Curacao dalam FIFA Matchday, Selasa (27/9/2022) malam WIB?

Adakah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kemenangan beruntun skuad Garuda atas lawannya yang memiliki ranking FIFA jauh lebih tinggi?

Tak lebih dari tiga hari setelah membungkam negara mungil di Laut Karibia 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, armada Shin Tae-yong (STY) membuktikan hasil positif tersebut bukan kebetulan semata.

Belum lesap euforia atas hasil positif tersebut, tim Merah-Putih kembali memetik kemenangan. Curacao kembali bertekuk lutut, meski mereka memiliki deretan pemain dengan pengalaman tingkat Eropa dan kini bertengger di lingkaran 80 dunia.

Keunggulan 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat  lebih dari cukup menunjukkan potensi besar Indonesia sebagai tim yang patut diperhitungkan.

Hebatnya lagi, tidak seperti Curacao yang masih mengandalkan beberapa pemain yang sudah lewat kepala tiga, Indonesia malah lebih banyak bertumpu pada pemain muda dengan rata-rata usia tak lebih dari 22 tahun.

STY nekat membuat sebuah terobosan besar. Ia seperti memotong satu generasi dan menanggalkan formalitas dan basa-basi berjenjang untuk langsung mengorbit para pemain muda menjadi bagian dari tim senior.

Jelas, itu menjadi satu nilai positif sekaligus nilai lebih dari STY dan tim yang ia racik saat ini. Untuk sampai ke sana, STY jelas mempertaruhkan banyak hal. Keberanian, reputasi, hingga posisinya.

Namun, proyek nekat dan visi luhur STY untuk mendongkrak level timnas senior kemudian memberikan kebanggaan bagi negara besar dengan lebih dari 270 juta jiwa.

Ya, hanya kurang dari sepekan terakhir, kita bersukacita bersama timnas yang kini masih berjibaku di posisi 150-an FIFA, setelah beberapa waktu sebelumnya kita lebih dahulu dibuat tersenyum olehnya ketika tim nasional U-20 memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia U-20 2023.  STY sudah memastikan tahun depan tim senior dan tim muda berlaga di pentas Asia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan