Mohon tunggu...
Chamelia Dwi Angelina
Chamelia Dwi Angelina Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ( 20107030010)

Vagabond on Vacation

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sukses di Kala Pandemi, Dapur Yukari Donna Buka 2 Gerai Baru!

13 Juni 2021   20:52 Diperbarui: 13 Juni 2021   21:10 155 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukses di Kala Pandemi, Dapur Yukari Donna Buka 2 Gerai Baru!
 gerai pusat dapur yukari donna @dokpri

Dikeadaan pandemi covid saat ini , semenjak tahun 2019 lalu, tidak sedikit masyarakat ataupun perorangan yang kehilangan pekerjaan, atau kekurangan pelanggan di usaha yang dimiliki mereka. Padahal di Negara kita ini, UMKM memiliki peranan yang tergolong penting dalam perekonomian Negara. Bukan tanpa sebab, ini karena sector UMKM menyandang penyumbang PDB terbesar . Namun, juga ada beberapa masyarakat yang membangun usaha baru entah dirumah, ataupun diruko ruko tertentu . Baik menjual produk sandang, pangan, ataupun yang lainnya meski pandemic ini belum berakhir .

Namun pandemi kali ini tidak mempengaruhi Dapur Yukari Dona, usaha yang bergerak di bidang makanan ini malah sukses membuka dua kedai baru . Usaha yang didirikan oleh Yukari Donna Liem Ikko Yathient Tamara Haddy  ini sudah berdiri sejak tahun 2018 di Kawedanan, Kabupaten Magetan . Sebenarnya sang pemilik mengawali usahanya dengan berjualan kosmetik lewat online shop saat bangku SMA lohh. Seperti yang diceritakan saat wawancara berikut

"Semenjak SMA saya itu jualan kosmestik kayak online shop begitu , dan setelah lulus kuliah ijazah saya itu bermasalah .  Dikarenakan nama saya dari akte itu disingkat , jadi harus ngerubah semuanya dan ribet . Sebenarnya keluarga dulu pengen saya jadi bidan, tapi yaudah lah ya setelah itu saya memilih menjadi pengusaha saja . Makanya sekarang saya semangat membuktikan kalau dengan memilih jalan ini saya itu bisa. Dulu saya itu juga gak bisa memasak , namun setelah mencoba-coba mulai dari Salad buah, lalu fire wings, ayam geprek, lalu sekarang thai tea dan aneka minuman lainnya . Alhamdulillah banyak yang cocok sama rasanya . "

produk dapur yukari donna @dokpri
produk dapur yukari donna @dokpri

Begitulah pentingnya berusaha atas apa yang diinginkan . Meski tidak didukung penuh oleh keluarga ,Yukari Donna dapat membuktikan lewat usahanya ini . Meski tergolong baru akan menginjak 3 tahun, usaha milik Yukari Dona ini sudah memiliki brand minuman tersendiri, dan bahkan membuka 2 gerai baru yang terletak di Kecamatan Takeran yang masih satu kabupaten dengan store pertama, dan di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun . Lalu apakah pandemic covid kali ini tidak berpengaruh sama sekali bagi usaha ini? Dan apa saja masalah yang dihadapi selama 3 tahun berdirinya Dapur Yukari Dona? Berikut kata sang pemilik

"Menurut saya itu corona tidak berpengaruh sih tetap jalan, cuma ketika hujan saja itu udah langsung sepi banget . Orang-orang kan jadi males keluar, dan berfikir masa hujan-hujan beli es . Untuk masalah lain , kan pasti ada aja gitu customer yang nyebelin , seperti nanyain resep , merusak property , bahkan ada yang pernah ngambil susu kaleng disini . Sama ada beberapa masyarakat sekitar sini bilang kalau saya terkenal sebagai penjual yang mahal, namanya juga wong ndeso yakan dan pasar saya juga bukan mereka saja ."

Dari sini disimpulkan bahwa bukan corona sebagai penghambat usaha Dapur Yukari Dona untuk tetap berjalan, namun ketika musim hujan ialah masalah terbesar untuk berjalannya usaha ini. Dan untuk para customer bukan hanya untuk di Dapur Yukari Donna ini jangan sampai melakukan hal yang merugikan sang penjual, dimanapun kapanpun kita harus menerapkan etika.

dokpri
dokpri
Meski masyarakat sekitar tempat Dapur Yukari Donna kurang mendukung, tidak lantas membuat tempat ini sepi juga . Dan walaupun tempatnya diperdesaan , akan tetapi ada banyak customer jauh-jauh dari Ponorogo, Ngawi, Madiun mampir ke tempat ini .Mengingat pasar utama pembeli ialah kalangan muda, tapi tidak dipungkiri ada beberapa yang menikmati dari kalangan orangtua dan bahkan anak kecil .

Dulu juga pernah ada event kewirausahaan di balai desa setempat, yang mana Bupati Magetan terjun langsung untuk melihat berbagai UMKM , alhasil usaha milik Dapur Yukari Donna ini juga dilirik .

"Walaupun kamu bikin produk apapun sebagus, seenak apapun tapi tidak punya nama, kamu gak bakal bisa .  Itu saya buktikan waktu Grand Opening kemaren, saya gak nyangka sebenarnya kok bisa serame ini . Mungkin itu efek sebuah nama memang seperti itu , meski saya gak kenal orang banyak tapi orang-orang kenal saya gitu ." Ujar pemilik gerai tersebut .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN