Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Keteguhan Membangun Batu Ruyud, Prasasti Literasi di Kawasan Perbatasan Krayan Kalimantan Utara

5 Maret 2024   18:30 Diperbarui: 5 Maret 2024   18:35 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pegiat literasi membangun Batu Ruyud di Krayan/ sumber: Instagram @Krayan_Indonesia

Syukurlah, dalam beberapa tahun belakangan pemerintah pusat mulai menaruh perhatian besar kepada kawasan perbatasan negara. Pembangunan infrastruktur telah dimulai di kawasan Kalimantan Utara.

akses jalan darat Malinau-Krayan yang sedang dibangun pemerintah pusat Indonesia/  sumber: Instagram @Krayan_Indonesia
akses jalan darat Malinau-Krayan yang sedang dibangun pemerintah pusat Indonesia/  sumber: Instagram @Krayan_Indonesia
Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengerjakan proses kontruksi jalan darat dengan jarak sekitar 182 kilometer dari Malinau ke Krayan.

Dari Pedalaman Krayan Menjadi Pejabat Birokrat Kalimantan

Pada tahun 1970, seorang guru SD di pedalaman Kalimantan bernama Samuel Tipa Padan, memboyong keluarganya pindah dari kawasan Ba' Binuang ke daerah Malinau.

Ba' Binuang adalah daerah pelosok yang kini berada di kecamatan Krayan Selatan, kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Provinsi Kalimantan Utara baru dibentuk pada tahun 2012, hasil pemekaran provinsi Kalimantan Timur.

Samuel Tipa Padan bermigrasi pindah membawa keluarganya ke Malinau, karena tidak adanya fasilitas pendidikan yang memadai di kampung asalnya Ba'Binuang.

Samuel ingin anak-anaknya mendapatkan masa depan yang lebih baik. Malinau saat itu sudah cukup maju, dan memiliki fasiltas pendidikan yang memadai.

Salah satu dari anak Samuel Tipa Padan adalah Yansen. Kini Yansen telah menjadi pejabat birokrat teras di Kalimantan Utara. Yansen Tipa Padan saat ini memangku jabatan sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Utara periode 2019-2024.

Menyelesaikan penddikan dengan tekun hingga tingkatan tertinggi membawa Yansen Tipa Padan dari pedalaman Krayan menjadi pejabat birokrat utama Kalimantan Utara.

Setelah lulus dari SMEA Negeri Tarakan pada tahun 1981, Yansen TP meneruskan pendidikan di Akademi Pendidikan Dalam Negeri (APDN) dan lulus pada tahun 1986. Kemudian Yansen menempuh pendidikan S-1 Fisipol Universitas 17 Agustus Samarinda, lulus pada tahun 1991.

Yansen TP lalu merintis karier sebagai birokrat dengan menjabat sebagai Camat Mentarang pada tahun 1993, kemudian menjadi Camat Kayan Hilir di tahun 1996. lantas menjadi Camat Peso pada tahun 1999.

Karier Yansen Tipa Padan terus meningkat, pada tahun 2001 dipercaya menjadi Kepala Kantor Catatan Sipil Bulungan, serta menjadi Kepala BKD Kabupaten Malinau pada tahun 2001.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun