Mohon tunggu...
Celestine Patterson
Celestine Patterson Mohon Tunggu... Hotelier: Hotel Management

🍎Hotelier's Story : Pernak-Pernik Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2021). Warna-Warni Berkarir Di Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2022). Serba-Serbi Dunia Perhotelan by CL Patterson dkk (Galuh Patria, 2023). Admin of Hotelier Writers Community (9 June 2023 - present)

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Suatu Hari Mungkin Kita Sampai di Sana

28 Desember 2020   13:51 Diperbarui: 28 Desember 2020   14:34 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Barangkali saya berbeda dalam memandang Instagram (IG) sebagai media sosial yang terbarukan dengan hal-hal baru setiap waktu. Asalkan ada waktu luang, baru mengunggahnya.

Berawal saat melihat foto-foto dalam flash disk, ditemukan sekali ratusan foto kolega dan klien semasa bekerja dari tahun ke tahun. Foto itu semula  hanya untuk koleksi pribadi. Kemudian saya posting di Google +.

Selang beberapa tahun, saya simpan kembali di flash disk karena google + lenyap. Sejak 2 tahun lalu, akhirnya saya fokus pada Instagram. Inipun terbatas unggahan tentang foto-foto bisnis di hotel sebagai pengingat kolega dan klien.

(sumber IG @nomadfevor)
(sumber IG @nomadfevor)

Sejak masa pandemi saya mulai memberi perhatian lebih kepada Instagram. Dalam bisnis perhotelan,  media sosial menjadi tanggung jawab Marketing Communication Manager (MarCom) yang berada dalam naungan Sales Marketing Departemen.

Seluruh media sosia menjadi tanggung jawabnya. Setiap hari secara teratur mengunggah sesuai jadwal  yang telah dibuat setiap bulan. Sehari maksimum 3 kali unggahan, ada pula hotel yang hanya mengunggah 1 kali. Jika seorang MarCom cerdas dan kreatif, akan tayang lebih dari 2 kali sehari.

Bosan dengan postingan yang itu-itu saja? MarCom yang kreatif selalu ada saja bahan untuk diunggah.

(sumber IG @discovervacations)
(sumber IG @discovervacations)

Untuk diketahui saja, setiap postingan di IG harus mendapat persetujuan Sales leader dan GM sebagai  koreksi apakah sesuai dengan standar kolateral hotel.

Menambah follower sebanyak-banyaknya itu tugas pokoknya. Dasar mengukur keberhasilan setiap bulan adalah jumlah follower dan jumlah likers untuk setiap postingan. Laporan tiap bulan itulah yang akan dijadikan penilaian keberhasilan ia bekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun