Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Pernah mengenyam Pendidikan Administrasi Publik.

Gemar menulis dan berbagi informasi. Seorang Lifestyle & Travel Blogger. Trip Advisor : https://www.tripadvisor.com/members/casmudib Silahkan mampir di blog saya: http://www.casmudiberbagi.com/

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan Pilihan

Bukber Makin Asyik bersama Kerabat

19 Mei 2018   18:56 Diperbarui: 19 Mei 2018   21:28 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bukber Makin Asyik bersama Kerabat
Bukber bareng anak yatim piatu di hotel (Sumber: dokumen pribadi)

(Dok. Pri)
(Dok. Pri)
(Dzahaba-zh Zama'u, Wabtalati-l 'Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah)

Artinya:

"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah."

Doa di atas adalah doa yang sahih saat berbuka puasa. Doa berbuka puasa yang terdapat dalam Hadist Rasulullah SAW yang selengkapnya dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma, beliau mengatakan:

(Dok. Pri)
(Dok. Pri)
Artinya:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: "Dzahaba-zh Zama'u, Wabtalati-l 'Uruuqu..." (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390.

Bukber Jaman Now

Acara berbuka puasa akan semakin seru jika diadakan secara bersama-sama atau yang sering disebut dengan Bukber (Buka Bersama). Banyak kemasan bukber yang didesain semenarik mungkin. Ada yang diselingi dengan musik gaya Anak Jaman NOW, pengajian dan lain-lain.

Anda juga sering lihat acara bukber di berbagai stasiun televisi swasta yang dibuat heboh dengan diisi para artis. Namun, acara inti dari semua itu adalah Bukber untuk membatalkan puasa.

Bahkan, banyak perusahaan atau perorangan yang mengadakan bukber menjadi acara yang seru di bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, bukber sudah menjadi acara wajib yang harus dilakukan dari kelas hotel mewah sampai hotel paling bawah (kaki lima).  Formatnya pun beragam, dari acara bukber yang dipadukan dengan pengajian hingga bukber yang sekedar ngumpul bersama teman dan kerabat tanpa acara seremonial.

Acara bukber hendaknya jauh dari kesan mewah atau hura-hura. Tidak perlu mendatangkan ustadz atau kyai untuk mengisi ceramah sebelum acara bukber dimulai. Dan,  tidak perlu mengundang band-band ternama ala Noah, Wali atau yang lainnya. Bukber sebaiknya menjadi acara berkumpul yang bertujuan untuk menjalin komunikasi.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3