Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Lainnya - Bukan Guru

Nulis yang ringan-ringan saja. Males mikir berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kenapa Juga Tidak Boleh Memberi Hadiah untuk Guru

1 Juli 2022   05:57 Diperbarui: 1 Juli 2022   06:02 912
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto memberi hadiah oleh Ivan Samkov dari Pexels

Padahal hanya memberi tanda kasih kepada guru.  Mosok sih dianggap tindakan korupsi? Pemberi dan penerima terkena pasal gratifikasi. Bagaimana bisa?

Saya mengenal memberi hadiah kepada guru sejak masih usia SD. Merasakan pengalaman itu setiap orang tua saya memberikan kenang-kenangan bagi guru wali kelas, setelah penerimaan rapor.

Pengalaman berulang menghasilkan persepsi bahwa memberi hadiah adalah kelaziman dalam menghargai perjuangan guru. Umumnya para orang tua murid melakukannya.

Pada periode berikutnya, saya pun mengejawantahkan kebiasaan sama. Memberi hadiah untuk guru anak saya seusai pembagian rapor. Jengah bila tidak memberi. 

Berhenti, ketika anak saya duduk di bangku perguruan tinggi.

Sekarang timbul kegelisahan, apakah pemberian tersebut termasuk gratifikasi? Apakah ia dapat melanggengkan tindak pidana korupsi?

Saya selama 12 tahun menyelesaikan pendidikan di sekolah negeri. Demikian pula dengan anak saya. Maka guru-guru yang diberi hadiah adalah pegawai yang memperoleh gaji dari anggaran negara.

Padahal Undang-Undang melarang memberikan hadiah kepada pegawai negeri karena jabatannya. Juga melarang pegawai negeri menerima hadiah.

Selama itu pula saya tidak menyadari terlibat di dalam tindak pidana korupsi. Ditambah ketika menjadi pemborong proyek pemerintah. Beuh, berapa lama saya melakukan perbuatan curang?

Gratifikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun