Mohon tunggu...
Ahmad Budairi
Ahmad Budairi Mohon Tunggu...

Pecinta kopi dan gadis cantik. Semacam pengelola blog www.nusagates.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Persiapan Liburan Akhir Pekan

30 Desember 2017   17:05 Diperbarui: 30 Desember 2017   17:09 492 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persiapan Liburan Akhir Pekan
https://nusagates.com/rubrik/nusagaview

Hari minggu adalah hari yang aku khususukan untuk bercengkerama dengan keluarga sebagaimana yang telah kutuliskan pada artikel sebelumnya berjudul Menemani Sitri dan Anak yang Hobi Mbolang. Karena hampir setiap minggu aku selalu melakukan perjalanan wisata maka setiap hari sabtu seperti saat ini akan melakukan beberapa persiapan-persiapan khusus. Apa saja yang biasanya aku siapkan? Yuk disimak.

Pertama, aku akan megecek tabungan. Ini sangat penting untuk menentukan destinasi wisata. Pasalnya jika hal ini tidak dilakukan bisasanya kami akan kecewa setelah sampai di tempat wisata tidak bisa memenuhi keinginan karena terbentur masalah keuangan. Apalagi kalau si kecil minta dibelikan ini dan itu atau minta mencoba permainan ini dan itu akan membuat perasaan menjadi nelangsa. Liburan yang semestinya membuat hati gembira malah membuat semakin merana.

Kedua, setelah mengecek tabungan dan dirasa aman maka selanjutnya dalah melihat prakiraan cuaca. Hal ini sangat penting juga untuk menentukan destinasi wisata yang tepat berdasarkan kondisi cuaca sesuai prakiraan serta bekal apa saja yang musti dibawa agar perjalanan wisata tidak terganggu oleh cuaca. Aku terbiasa melakukan hal ini sejak masih kuliah di jurusan geografi demi mengamalkan ilmu geografi dan menjadi orang yang geografeni.

Ketiga, mengecek kesiapan kendaraan. Kami perlu melakukan hal ini karena kendaraan yang kami gunakan untuk perjalanan wisata adalah sepeda motor butut yang tiada duanya. Kami perlu mengecek apakah rem masih berfungsi sebagaimana mestinya, bagaimana kondisi ban, bahan bakar, oli, dan lain sebagainya. Hari sabtu adalah waktu yang menjadi lumrah bagi kami untuk service sepeda motor.

Keempat, Menyiapkan bekal untuk berwisata. Meskipun memiliki tabungan yang cukup, bekal tetap perlu dibawa karena selain lebih irit juga untuk berjaga-jaga jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya sepeda motor macet di tengah jalan yang jauh dari pemukiman dan warung. Di saat itu kami bisa istirahat sebentar sambil makan bekal sebelum mencari cara untuk memperbaiki sepeda motor.

Kelima, jika kami memilih lokasi wisata yang jauh dan dirasa perlu untuk menginap maka kami merasa perlu juga mencari referensi mengenai losmen atau home stay yang mudah terjangkau dan murah harganya. Selain itu, kami juga perlu memetakan fasilitas-fasilitas umum serta rute jalan utama beserta jalan alternatif yang bisa kami gunakan untuk keperluan wisata.

Terakhir, kami harus menyiapkan mental untuk menempuh perjalanan wisata. Ini sangat penting untuk menyukseskan acara wisata agar tidak malah menjadi perjalanan yang terasa menyebalkan dan membuat perasaan malah tidak nyaman. Tujuan wisata kan untuk mencari ketenangan. Kalau mental tidak siap ya mending dirumah saja daripada menghabiskan uang untuk hal yang sia-sia belaka.

VIDEO PILIHAN