Mohon tunggu...
Angra Bramagara
Angra Bramagara Mohon Tunggu... Orang Biasa

Orang biasa yang sedang belajar menulis, dan belajar menggali ide, ungkapkan pemikiran dalam tulisan | twitter: @angrab

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Studi Banding Ibu Kota Baru ke Perumahan Perusahaan Asal Amerika di Indonesia

27 Agustus 2019   12:28 Diperbarui: 27 Agustus 2019   12:56 0 1 0 Mohon Tunggu...
Studi Banding Ibu Kota Baru ke Perumahan Perusahaan Asal Amerika di Indonesia
Rancangan Awal Ibukota Baru (kompas.com)

Presiden Jokowi telah mengumumkan pemindahan ibukota baru Republik Indonesia. Provinsi Kalimantan Timur dipilih  sebagai lokasi calon ibukota baru, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Rencana pemindahan ibukota baru tentu telah direncanakan dengan matang, termasuk konsep kotanya nanti.

Banyak masyarakat beranggapan bahwa ibukota baru nanti akan seperti kota Jakarta yang banyak gedung bertingkat, banyak mall, dll, yang mana ujung-ujungnya akan macet juga, bahkan dikhawatirkan akan memindahkan kepadatan dan polusi Kota Jakarta ke Kalimantan Timur. 

Namun jika dilihat dari konsep kota yang direncanakan oleh pemerintah, nanti nya  ibukota baru akan berkonsep green city atau berkonsep forest city, yang intinya adalah kota yang di dalamnya berwawasan lingkungan dimana akan ada banyak taman, ada hutan lindung, serta menerapkan teknologi ramah lingkungan. 

Dari gambar rancangan awal ibukota baru yang diluncurkan oleh pemerintah, sedikit banyak mirip dengan kawasan sillicon valley di Amerika Serikat. Sillicon valley merupakan suatu wilayah yang berada di San Jose, Amerika Serikat. Suatu kawasan tempat bermarkasnya raksasa-raksasa teknologi dunia seperti Apple, Facebook, Google, Cisco, Yahoo, dll. 

Wilayah Silicon Valley, Amerika Serikat. Tampak markas baru Apple berbentuk lingkaran (nationswell.com)
Wilayah Silicon Valley, Amerika Serikat. Tampak markas baru Apple berbentuk lingkaran (nationswell.com)

Ibukota baru nanti direncanakan akan mendukung kenyamanan aktivitas warganya, tentu saja warga ibukota baru nanti adalah pegawai Aparatur Sipil Negara yang bekerja di pemerintahan pusat, dan keluarganya. Direncanakan nantinya jarak perkantoran dan perumahan pegawai akan berdekatan sehingga pegawai ASN bisa ke kantor hanya dengan jalan kaki atau bersepeda. Juga disediakan berbagai sarana prasarana lainnya yang mumpuni. 

Rancangan aktifitas warga di ibukota baru (kumparan.com)
Rancangan aktifitas warga di ibukota baru (kumparan.com)

Model dan konsep kota yang digadang-gadangkan pemerintah tersebut mirip dengan beberapa 'kota' yang ada di Indonesia. Emang ada kota yang seperti itu di Indonesia? Ada. 

Sebenarnya bukan kota juga, tapi fasilitasnya mirip sebuah kota, yaitu komplek perumahan perusahaan asal Amerika yang beroperasi di Indonesia. Di Riau ada yang namanya komplek Chevron, dan di Papua ada yang namanya Kuala Kencana (komplek Freeport). Tak perlu jauh-jauh jika pemerintah ingin studi banding mengenai konsep forest city.

Komplek perumahan Chevron Duri-Riau (ria.choosen.net)
Komplek perumahan Chevron Duri-Riau (ria.choosen.net)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x