Mohon tunggu...
Lidia Wulan
Lidia Wulan Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Trainer

Saya merupakan pemegang sertifikasi Google dan memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun di bidang digital marketing. Selain mengajar, saya juga memberikan jasa konsultasi dan layanan iklan di Google Ads dan Facebook Ads

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Universitas Terbuka Itu Apa?

15 Maret 2024   12:02 Diperbarui: 15 Maret 2024   12:04 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Universitas Terbuka Convention Center - UTCC (Dok. pribadi)

Universitas Terbuka itu apa? Saya pikir itu adalah tempat kita kuliah yang kelasnya tidak memiliki atap, atau belajar di lapangan, atau belajar dibawah pohon, intinya kita belajar bukan di kelas, tapi di tempat yang terbuka. 

Waktu itu saya masih SD, tahun 80-sekian... saya melihat beberapa guru saya melanjutkan pendidikan guru di Universitas Terbuka. Saya bingung, apa itu Universitas Terbuka, tapi saya tidak bertanya, hanya berpikir saja.

Tahun demi tahun berlalu dan saya tidak lagi memikirkannya. Dan di awal tahun 2024, saya serius ingin belajar bahasa Inggris, dan saat saya mencari di Google, saya melihat prodi ini ada di Universitas Terbuka. 

Tidak seperti yang saya pikirkan dulu, ternyata Universitas Terbuka adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menyediakan pendidikan tinggi secara terbuka dan jarak jauh. Pendekatan pendidikan yang digunakan oleh Universitas Terbuka memungkinkan siapa pun, di mana pun, dan kapan pun untuk belajar melalui berbagai media pembelajaran, seperti modul pembelajaran, buku teks, video pembelajaran, dan tutorial online.


Melalui pendekatan pendidikan terbuka dan jarak jauh, Universitas Terbuka memungkinkan akses pendidikan tinggi bagi mereka yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara konvensional di kampus. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan tinggi dan memperluas kesempatan belajar bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Wah ternyata guru saya dulu keren banget ya, mereka sudah selesai, saya yang baru mulai. Buat kalian yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang diploma, sarjana atau magister, dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, ilmu sosial, ekonomi, bisnis, dan humaniora tapi terkendala dengan waktu dan tempat, yuk kuliah di UT aja! Ini web nya ya ut.ac.id/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun