Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Keberhasilan Tak Hanya Soal Usaha tapi Keberuntungan

4 Mei 2021   13:40 Diperbarui: 5 Mei 2021   21:01 672 43 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keberhasilan Tak Hanya Soal Usaha tapi Keberuntungan
Pencapaian dari suatu hasil (foto dari pixabay.com)

Usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Kalimat tersebut sering dijadikan penyemangat bagi hidup kita. Bahwasanya, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Artinya, seberapa besar usaha yang kita keluarkan pasti berbuah hasil yang sebanding bahkan melebihi perkiraan hasil. 

Semakin saya dewasa, saya kok meragukan pernyataan tersebut. Ada yang keliru, tapi bukan struktur kalimat apalagi pemilihan diksi. Sebab hasil tidak melulu bicara soal usaha, ada satu hal lagi yang mesti diraih oleh kita agar dapat berhasil.

Bukannya saya menolak. Saya sudah membuktikan bahwa usaha memang tidak mengkhianati hasil.

Bulan Januari 2021, saya masih centang hijau. Saya berusaha untuk giat menulis, berbagi pengalaman, bertukar informasi, hingga melebarkan sayap silaturahmi di Kompasiana. Syukur, April 2021 saya dianugerahi centang biru. Bahagia tentunya. Tapi yang jadi pertanyaan adalah usaha apa yang Admin Kompasiana lihat dari saya sehingga dapat centang biru? Rajin menulis, mendapat pembaca yang banyak, tulisan menarik atau hal lain.

Semua Kompasianer memiliki kriteria tersebut. Rajin menulis, mendapat pembaca yang banyak, tulisan menarik, hingga masuk artikel terpopuler. Lah mengapa semua Kompasianer tidak bercentang biru?

Perlu kita ketahui bersama, bahwa keberhasilan itu ditentukan oleh dua hal besar, yakni usaha dan keberuntungan.

Keberhasilan ditentukan oleh dua faktor, baik usaha dan keberuntungan (dokpri)
Keberhasilan ditentukan oleh dua faktor, baik usaha dan keberuntungan (dokpri)
Keberhasilan adalah suatu kondisi di mana seseorang dapat mencapai target hidup atau meraih suatu penghargaan bahkan mendapatkan sesuatu hal yang diidam-idamkan. Artinya, keberhasilan adalah puncak dari dari suatu impian. Cita-citanya tercapai.

Untuk itu diperlukan suatu usaha dan keberuntungan dalam meraih apa-apa yang dicita-citakan. Sebab tanpa adanya usaha keberhasilan tak akan pernah tercapai. Begitupun sebaliknya, tanpa adanya keberuntungan sekecil apapun cita-cita bakal musnah tak tercapai.

Maka dari itu, hasil atau keberhasilan menempati posisi tertinggi dari podium pencapaian target hidup. Yang diimbangi dengan usaha dan keberuntungan.

Kenapa harus seimbang? Biar tidak pincang, supaya memaksimalkan hasil yang diharapkan, dan agar tidak roboh saat terkena badai. Itulah mengapa suatu keberhasilan wajib ditopang oleh dua kaki, bernama usaha dan keberuntungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x