Mohon tunggu...
Muhammad Aliem
Muhammad Aliem Mohon Tunggu... Aparatur Sipil Negara di Badan Pusat Statistik

Saya masih dalam tahap belajar menulis. Semoga bisa berbagi lewat tulisan.. Kunjungi saya di www.catatanaliem.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Menguatlah Wahai Rupiah

6 September 2018   08:15 Diperbarui: 6 September 2018   09:17 0 1 0 Mohon Tunggu...

Sebenarnya saya mau ikut membantu pemerintah. Menukar Dolar dengan rupiah. Sayang seribu kali sayang, saya tidak punya Dolar. Jadinya, cukup dengan doa.

.

Ikhtiarnya bisa dengan menahan diri membeli produk elektronik. Barang impor. Yang harganya menanjak di saat seperti sekarang ini. Di saat Dolar bertahta dengan rupiah sebagai dayangnya.

.

Negeri Om trump lagi di atas angin. The FED masih berencana menaikkan acuan suku bunga. Investor di negara-negara berkembang jadi sasarannya. Supaya balik ke Amrik bawa duitnya. investasi di sono aje. Bunganya lebih tinggi.

.

Perang dagang Amrik vs Cina juga berimbas ke Indonesia. Ekspor kita jadi memble. Tapi impor kian meroket. Nilai impor meningkat. Dampaknya, Negara kita mengalami defisit transaksi berjalan.

.

Pada semester I 2018, defisitnya mencapai USD 13,5 miliar.  Menyentuh angka 2,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Impor tumbuh 24,5 persen (Juli 2018). Sedangkan ekspor hanya tumbuh 11,4 persen.

.

Pemerintah tidak tinggal diam lo. Pengendalian impor dilakukan melalui kebijakan Pajak Penghasilan. Penyesuaian tarif PPh pasal 22 terhadap 1.147 pos tarif. Selengkapnya bisa lihat keterangan pers Kemenkeu Nomor 40/KLI/2018 tanggal 5 September 2018.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2