Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

WhatsApp Business API, Tawarkan Fitur Canggih dari Aplikasi WhatsApp

13 September 2022   08:21 Diperbarui: 13 September 2022   08:29 99 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
WhatsApp Business API (Sumber: freepik.com)

Saat ini, WhatsApp merupakan aplikasi primadona yang paling sering digunakan. Mulai dari untuk komunikasi sehari-hari, sampai untuk aktivitas bisnis seperti melayani pelanggan menggunakan WhatsApp Business.

Selain fitur-fiturnya yang sangat mendukung untuk para pebisnis, seperti dengan adanya fitur profil bisnis, informasi alamat, jam operasi sampai dengan fitur balas pesan secara otomatis atau autoresponder.

Tahukah kamu, ada banyak fitur canggih lainnya yang bisa kamu gunakan dari aplikasi WhatsApp ini. Yaitu adalah dengan WhatsApp Business API.

Mengutip dari Barantum,

WhatsApp Business API ini berbeda dengan WhatsApp Business. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, kamu akan membuka fitur lanjutan yang sebelumnya tidak bisa kamu akses dan dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

Apa saja fitur-fiturnya?

Berikut ini beberapa fitur WhatsApp Business API yang paling diminati para pebisnis:

  • Verified Badge (Centang Hijau), yaitu fitur lencana yang menandakan bahwa bisnismu adalah bisnis yang resmi dan terpercaya. Mampu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis dimata pelanggan.
  • Multi-User & Chat Allocation, yaitu satu akun WhastApp untuk banyak pengguna (admin) dan juga alokasi chat per pengguna secara merata. Keren!
  • Chatbot, yaitu fitur chatbot atau balas pesan secara otomatis dengan alur yang disesuaikan dengan bisnismu. Seperti untuk pembayaran atau pemesanan barang.
  • Terintegrasi Dengan Platform Lain, yaitu fitur integrasi yang sangat mudah. Kamu bisa menghubungkan berbagai channel seperti IG, FB, Telegram, Line dan banyak lagi pada akun WhatsApp mu.
  • Report Statistic, yaitu fitur laporan untuk memantau kinerja atau peforma tim kamu dalam melayani pelanggan melalui WhatsApp.

Bagaimana? Sangat canggih bukan fitur-fitur lanjutan yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi WhatsApp ini.

Lalu, gimana cara menggunakan semua fitur tersebut?

Kabar baiknya, untuk bisa menggunakan semua fitur tersebut sangat mudah. Kamu hanya perlu bekerja sama dengan Partner WhatsApp resmi atau BSP WhatsApp.

Mengutip dari Barantum,

WhatsApp Business Solution Provider atau BSP WhatsApp merupakan institusi atau perusahaan penyedia solusi pihak ketiga yang berpengalaman di Platform WhatsApp Business untuk menyediakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API.

Singkatnya, BSP ini adalah mitra resmi dari WhatsApp yang akan membantu kamu untuk mendapatkan semua fitur-fitur dari WhatsApp Business API ini.

Untuk melihat daftar BSP WhatsApp resmi yang terdaftar, kamu bisa mengeceknya langsung pada halaman Penyedia Solusi Bisnis dari Facebook.

Pada halaman tersebut, kamu bisa memilih partner BSP yang ingin kamu ajak bekerja sama untuk mendapatkan semua fitur WhatsApp Business API.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan