Mohon tunggu...
Haji Dwi Sugiarto
Haji Dwi Sugiarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Bergerak Berjuang Ber-Demokrasi

Tiyang Jawi nembe Sinau lan Nyinauni Jawi supados Njawani. Rawe-rawe rantas malang-malang putung.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Nasi Pecel

27 September 2020   16:51 Diperbarui: 28 September 2020   07:31 186 12 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasi Pecel
Sego pecel khas Madiun  (Dokpri)

Kuliner - hampir setiap wisata di suatu wilayah seantero dunia berbanding lurus dengan penyediaan makanan khas daerah tersebut. Dalam hal ini bisa menjadikan indikator kemajuan perekonomian yang tumbuh disuatu wilayah tersebut.  

Makanan khas suatu wilayah itu mulai dari makanan pokok semisal bahan bakunya dari beras, jagung, sagu ataupun pala wija yang ditanam di suatu wilayah tersebut yang model penanamannya tergantung musim penghujan. 

Memang kondisi wilayah di khas nusantara macam-macam kultur buminya, ada yang di garis katulistiwa dua musim dialami dengan seimbang yaitu musim penghujan dan musim kemarau. 

Bahan pokok makanan utama di pulau Jawa adalah beras, karena irigasi atau tata penanganan sumber air sudah demikian baiknya, sehingga bumi persawahan dapat giliran teralisri sesuai jadwal yang sudah ditetapkan ulu-ulu atau petugas pengatur air di wilayah tertentu. 

Hal ini berkembang juga dalam hasil pertanian yang beraneka ragam, sehingga menghasilkan kreativitas masyarakat dalam mengolahnya menjadi makanan pokok, sayur-mayur, lauk-pauk juga makanan pendamping minum kopi. Dari bahan kacang-kacangan saja bisa dihasilkan banyak variasi makanan seperti : kacang tanah untuk sambel pecel / gado-gado / ketoprak dan lain-lain. 

Kacang sebagai camilan : kacang rebus, kacang open / kacang di oven dengan kulitnya, ada kacang goreng bersama kulit arinya, kacang goreng tanpa kulit ari setelah digarami. Sebagai lauk pauk : kacang digabungkan dengan tepung terigu sebagai rempeyek, juga enak jika dicampur teri dan lain-lainnya.

Variasi sambel pecel ini sudah menjadikan ciri pecel khas Madiun , khas Ponorogo, khas Purwokerto, khas Surabaya dan masih banyak lagi tentang nasi pecel yang sangat disenangi rakyat nusantara. 

Pada masa pendemi corona virus covid19 tentunya sangat baik bagi keluarga untuk membuat sendiri makanan khas tersebut yang mana sambel pecel sudah banyak dijual di toko atau super market.

Masa pandemi ini bisa digunakan untuk mengajari generasi kita di rumah masing-masing tentang kuloner khas nusantara. Guna pelestarian ilmu kuliner bangsa ini. Indonesia Jaya, segera vaksin covid19 diproduksi masaal dan disuntikan kepada masyarakat, Covid19 akan enyah diangkat Allah SWT.

Jakarta, 27 September 2020

Haji Dwi Sugiarto

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x