Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang Guru Muda, ASN, lulusan Universitas Mulawarman tahun 2020, Pendidikan, Biografi, sepakbola, E-sport, Teknologi, Politik, dan sejarah Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengapa Arsenal Begitu "Menggairahkan" Musim Ini?

23 Januari 2023   17:30 Diperbarui: 25 Januari 2023   11:03 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://www.bola.net/inggris/arsenal-terlalu-akrab-dengan-empat-besar-musim-ini-waktunya-bidik-trofi-dong-e4b6a0.html)

Peluit akhir ditiupkan kala laga Arsenal melawan Manchester United resmi berakhir. Keunggulan 3-2 Arsenal atas MU berhasil menjadi kado manis yang berarti berhasil menuntaskan misi balas dendam di pertemuan pertama. Musim ini Arsenal memang menunjukkan tren yang istimewa. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, pasalnya dari total 19 pertandingan yang dimainkan Arsenal musim ini khusus di Liga Inggris. Arsenal mampu mengoleksi 16 kemenangan, dua kali imbang, dan hanya menelan satu kekalahan musim ini yakni saat kalah melawan Manchester United pada pertemuan pertama dengan skor 3-1. 

Rekor luar biasa Arsenal yang didapatkan setidaknya hingga pekan ke-19 sudah mampu mengantarkan Arsenal sementara duduk di puncak klasemen dengan 50 poin dan unggul 5 poin atas pesaing terdekatnya yakni Manchester City di posisi kedua tabel klasemen. Dari laporan Routers, Arsenal kala menjamu Manchester United saja telah mampu mencatatkan statistik yang jauh unggul atas MU. Mulai dari penguasaan bola yang menyentuh angka 58%, jumlah tembakan yang mencapai angka 25 ke gawang David de Gea, Jumlah operan yang menyentuh angka 520 operan, hingga intensitas serangan yang lebih condong unggul Meriam London. 

Tak dapat dipungkiri Arsenal memang telah menjelma menjadi salah satu kekuatan besar musim ini tepatnya saat diasuh oleh Mikel Arteta. Kemenangan-demi kemenangan yang diraih memang buah dari kecerdikan pelatih asal Spanyol tersebut. Namun, benarkah hasil menggairahkan yang didapatkan oleh Arsenal musim ini hanya dipengaruhi oleh tangan dingin dan strategi jitu Mikel Arteta? Ataukah ada hasil lain? Berikut sajiannya.

Mentalitas Permainan Yang Kian Meningkat

Musim ini Arsenal memang menunjukkan penampilan dan perkembangan yang jauh meningkat dibandingkan musim lalu. Melansir data dari FootystatsArsenal musim ini telah mencatatkan 84% kemenangan dari total 19 laga yang dimainkan sejauh ini. Memasukkan 45 gol dan hanya menderita 16 gol kebobolan menjadi rekor luar biasa yang bisa ditorehkan musim ini. Dari sisi permainan pun nampaknya sisi mentalitas memang menjadi hal yang telah berkembang jauh. Bayangkan saja, para pemain yang masih tergolong muda macam Bukayo Saka, Martin Odegaard, Wiliah Saliba, Nketiah, Gabriel Martinelli, hingga Zhincenko telah berubah  menjadi pemain yang ulet dan memiliki daya dobrak luar biasa dalam membantu Arsenal meraih kemenangan demi kemenangan di musim ini. Sebagai catatan, Martin Odegaard adalah salah satu sosok yang memang musim ini telah banyak memberikan perubahan besar di musim ini. Dari total 24 pertandingan yang dimainkan musim ini, Martin Odegaard telah mencatatkan 24 pertandingan dengan sumbangsi 8 gol dan 6 asist sejauh ini. Ia begitu lugas sejauh ini dalam memainkan perannya sebagai Attacking Midfielder. Umpan-umpan dan daya jelajahnya kerap membantu Arsenal dalam meraih banyak kemenangan dan gol musim ini.

Konsistensi

Hal yang memang menjadi titik balik dari gemilangnya penampilan Arsenal musim ini dibandingkan musim lalu adalah persoalan konsistensi. Arsenal racikan Arteta memang sudah bertranformasi menjadi tim yang jauh lebih solid. Para pemainnya telah mampu menjaga kualitas permainan baik secara teknis maupun taktis di lapangan sehingga kemenangan melawan tim-tim besar macam Manchester United, Liverpool dan Totenham Hotspurs bisa didapatkan. 

Rotasi pemain dan koordinasi antar pemain muda dan senior menjadi nilai plus bagi Arteta. Menurut saya, pelatih asal Spanyol yang pernah bermain untuk Arsenal dan Everton tersebut telah mampu memberikan suntikan semangat dan motivasi yang besar bagi anak asuhnya dalam meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. 

Tenaga Muda

Arsenal banyak diperkuat pemain muda di musim ini. Ada Bukayo Saka, Gabriel Martineli, Martin Odegaard. Bahkan, Gabriel Jesus yang  masih berusia 25 tahun masih bisa dikatakan berusia muda. Hal itu membuat eksploisivitas para pemain Arsenal sangat terlihat. Skuad  muda Arsenal punya semangat juang luar biasa di lapangan. Memang skuad muda tidak selalu menguntungkan. Ada dampak negatif yang perlu juga diperhatikan, misalnya kesalahan dalam mengambil keputusan. Meski demikian, sejauh ini skuad muda Arsenal talah banyak memberikan dampak luar bisa dalam tim. Bahkan, mereka juga lah yang dapat menjadi faktor penentu kemenangan di lapangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun