Mohon tunggu...
Balqis Febriani
Balqis Febriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi menulis, bernyanyi, travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peranan Media Sosial bagi Mahasiswa di Era Modern

9 Agustus 2022   17:50 Diperbarui: 9 Agustus 2022   18:03 71 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Teknologi dari zaman ke zaman mengalami perkembangan yang pesat, dari yang awalnya menggunakan surat untuk mengabari keluarga sekarang cukup dengan mengetik pesan di handphone, kita sudah bisa memberi kabar ke keluarga tanpa ada batas jarak. 

Dulu kita harus ke Bank dan antri di taller, sekarang transaksi cukup menggunakan mobile banking.
 
Semuanya menjadi serba mudah ketika terhubung dengan internet, salah satunya media sosial yang merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. 

Pada intinya media sosial merupakan sebuah media yang mempermudah kita dalam berinteraksi maupun memperoleh informasi di kehidupan sehari-hari.
 
Media sosial juga banyak di gunakan pada kalangan mahasiswa terutama dalam hal pembelajaran sebagai penunjang kegiatan akademik. 

Selain itu, mahasiswa juga membutuhkan media sosial sebagai sarana komunikasi kepada dosen untuk menanyakan tugas-tugasnya maupun kegiatan pembelajaran di kelasnya. Adapun beberapa manfaat media sosial bagi kalangan mahasiswa yaitu sebagai berikut:

1. Media sosial sebagai sarana membantu orang-orang yang membutuhkan.
2. Media sosial sebagai sarana pengekspresian diri.
3. Media sosial sebagai peluang kerja.
4. Meningkatkan kemampuan literasi, komunikasi, dan membaca.
 
Selain manfaat tentu juga ada sisi negatif atau kekurangan dari sebuah media sosial yaitu melemahnya sikap sosial, seperti yang sering kita lihat ketika berkumpul bersama teman pasti sebagian orang ada yang sibuk dengan handphone nya sendiri dan tidak ikut berbaur dengan teman-temannya, padahal tujuan untuk perkumpulan tersebut untuk merekatkan tali pertemanan kita.
 
Mereka sibuk mengakses berbagai media sosial yang dimilikinya sehingga interaksi dalam lingkungan mulai berkurang, bahkan sampai ada pepatah yang mengatakan media sosial mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. 

Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa setelah mengetahui manfaat dan kerugian sebuah media sosial, alangkah baiknya kita sebagai mahasiswa dapat mengatasi sisi negatif media sosial dan memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan