Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Platon Simposium Cinta (8)

24 Januari 2024   14:41 Diperbarui: 24 Januari 2024   14:58 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Platon Simposium Cinta 8/(Dokumentasi pribadi)

Platon Simposium Cinta 8

Eros diakui sebagai pecinta erotis dan sebagai fenomena yang mampu menginspirasi keberanian, keberanian, perbuatan dan karya besar, dan menaklukkan ketakutan alami manusia akan kematian. Hal ini dipandang melampaui asal-usul duniawi dan mencapai ketinggian spiritual. Peningkatan konsep cinta yang luar biasa menimbulkan pertanyaan apakah beberapa makna yang paling ekstrem mungkin dimaksudkan sebagai humor atau lelucon. Eros hampir selalu diterjemahkan sebagai  cinta,  dan kata dalam bahasa Inggris memiliki variasi dan ambiguitas tersendiri yang memberikan tantangan tambahan terhadap upaya memahami Eros di Athena kuno.

Tujuh tokoh utama dialog yang menyampaikan pidato utama adalah:

  • Phaedrus (pidato dimulai 178a):   seorang bangsawan Athena yang terkait dengan lingkaran dalam filsuf Socrates, akrab dari Phaedrus dan dialog lainnya
  • Pausanias (pidato dimulai 180c): ahli hukum
  • Eryximachus (pidato dimulai 186a): seorang dokter
  • Aristophanes (pidato dimulai 189c): penulis drama komik terkemuka
  • Agathon (pidato dimulai 195a): seorang penyair tragis, pembawa acara perjamuan, yang merayakan kemenangan tragedi pertamanya
  • Socrates (pidato dimulai 201d): filsuf terkemuka dan guru Plato
  • Alcibiades (pidato dimulai 214e): seorang negarawan, orator, dan jenderal Athena terkemuka

Ketika Socrates hampir selesai, Alcibiades masuk, mabuk berat, dan memberikan encomium kepada Socrates sendiri. Tidak peduli seberapa keras dia berusaha, katanya, dia tidak pernah mampu merayu Socrates, karena Socrates tidak tertarik pada kesenangan fisik. Meskipun demikian, Agathon tetap berbaring di samping Socrates, yang membuat Alcibiades kecewa. Pesta menjadi liar dan mabuk, dan simposium akan segera berakhir. Banyak karakter utama yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berangkat dan pulang ke rumah. Aristodemus tertidur. 

Ketika dia bangun keesokan paginya dan bersiap untuk meninggalkan rumah, Socrates masih terjaga, menyatakan kepada Agathon dan Aristophanes   seorang penulis drama yang terampil harus mampu menulis komedi dan   tragedi (223d). Ketika Agathon dan Aristophanes tertidur, Socrates bangkit dan berjalan ke Lyceum untuk mencuci dan menjalankan urusan sehari-hari seperti biasa, tidak pulang ke rumah untuk tidur sampai malam itu (223d).  

Phaedrus membuka dengan klaim   Eros adalah dewa tertua, mengutip Hesiod, Acusilaus dan Parmenides,  dan berpendapat   menjadi yang tertua menyiratkan   manfaat yang diberikan oleh Eros adalah yang terbesar.

[a] Eros memberikan bimbingan melalui rasa malu; misalnya, dengan menginspirasi seorang kekasih untuk mendapatkan kekaguman dari kekasihnya dengan menunjukkan keberanian di medan perang, karena tidak ada yang lebih mempermalukan seorang pria selain dilihat oleh kekasihnya melakukan tindakan tercela. Kekasih terkadang mengorbankan nyawanya demi kekasihnya.

[b] Sebagai buktinya, ia menyebutkan beberapa pahlawan dan kekasih mitologi. Bahkan Achilles yang merupakan kekasih Patroclus mengorbankan dirinya untuk membalaskan dendam kekasihnya, dan Alcestis rela mati demi suaminya, Admetus.

[c] Phaedrus mengakhiri pidato singkatnya dengan mengulangi pernyataannya   cinta adalah salah satu dewa paling kuno, paling dihormati, paling kuat dalam membantu manusia mendapatkan kehormatan dan berkah   dan mengorbankan diri demi cinta akan menghasilkan imbalan dari para dewa.

Aku akan mematuhimu, kata Eryximachus, dan lebih rela lagi karena pidatomu membuatku terpesona, tetapi sedemikian rupa sehingga, jika aku tidak tahu betapa fasihnya Socrates dan Agathon dalam masalah cinta, aku akan sangat takut jika mereka melakukannya. tidak tinggal diam, subjeknya tampak lelah dengan semua yang telah dikatakan sejauh ini. Meski begitu, saya masih berharap banyak pada mereka.

Anda telah melakukannya dengan sangat baik, kata Socrates; tetapi jika kamu berada di tempatku saat ini, Eryximachus, dan terutama ketika Agathon telah berbicara, kamu akan gemetar, sama malunya seperti aku. Anda ingin memantrai saya, kata Agathon kepada Socrates, dan membingungkan saya dengan membuat saya percaya pertemuan itu sangat dinantikan, seolah-olah saya harus mengatakan hal-hal yang indah.  

  • Saya akan memiliki sedikit ingatan, Agathon, jawab Socrates, jika saya melihat Anda naik ke panggung dengan percaya diri dan tenang, dikelilingi oleh para aktor, dan membacakan puisi Anda tanpa emosi sedikit pun, menatap wajah orang yang begitu banyak. Saya pikir Anda sekarang akan mengganggu diri Anda sendiri di depan beberapa pendengar.   Oh! jawab Agathon, jangan percaya, Socrates, aku begitu mabuk dengan tepuk tangan teater sehingga aku tidak tahu betapa lebih hebatnya, bagi orang yang berakal sehat, penilaian sejumlah kecil orang bijak dibandingkan penilaian sekelompok orang. banyak orang bodoh.

Saya akan sangat tidak adil, Agathon, jika saya memiliki opini buruk tentang Anda; Saya yakin jika Anda mendapati diri Anda bersama sejumlah kecil orang yang menurut Anda bijaksana, Anda akan lebih memilih mereka daripada orang banyak: tetapi mungkin kita bukan salah satu dari orang-orang bijak itu; karena akhirnya kami berada di teater dan menjadi bagian dari kerumunan tersebut. Namun, seandainya Anda bersama orang-orang yang bijaksana, tidakkah Anda takut melakukan sesuatu yang mungkin tidak mereka setujui; bagaimana menurutmu ; - Anda mengatakan yang sebenarnya, jawab Agathon. 

Bukankah kamu akan mempunyai rasa takut yang sama terhadap orang banyak, jika kamu mengira kamu melakukan sesuatu yang memalukan; - Kemudian Phaedrus berbicara dan berkata: Agathon sayangku, jika kamu terus menjawab Socrates, dia tidak akan lagi mengkhawatirkan sisanya, karena dia bahagia selama dia memiliki seseorang untuk diajak bicara, terutama jika lawan bicaranya tampan. Tidak diragukan lagi saya suka mendengar Socrates; tetapi saya harus memastikan Cinta menerima pujian yang telah kita janjikan, dan kita masing-masing memberikan penghormatannya. Ketika Anda telah membebaskan diri Anda dari Tuhan, Anda dapat melanjutkan wawancara Anda. Anda benar, Phaedrus, kata Agathon, dan tidak ada yang menghalangi saya untuk berbicara, karena lain kali saya akan bisa bercakap-cakap dengan Socrates. Jadi saya akan menguraikan pidato saya terlebih dahulu, baru kemudian saya mulai.

Bagi saya, semua orang yang telah berbicara sejauh ini kurang memuji Cinta dibandingkan orang yang mengucapkan selamat atas kebahagiaan yang diberikan dewa ini kepada mereka; tapi siapa penulis begitu banyak kebaikan; tidak ada yang memberitahukannya. Namun satu-satunya cara yang baik untuk memuji adalah dengan menjelaskan sifat dari hal yang dimaksud dan mengembangkan efek yang dihasilkannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun