Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Berpikir (5)

26 September 2022   11:54 Diperbarui: 26 September 2022   11:56 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berpikir 5: Meditasi Dari Tuhan, Yang Ada

Sekarang saya akan menutup mata saya, menutup telinga saya, memblokir semua indra saya, bahkan menghapus dari pikiran saya semua gambar hal-hal jasmani atau, setidaknya, karena itu hampir tidak mungkin, saya akan menganggap mereka sebagai sia-sia dan salah; dan dengan demikian, hanya berbicara dengan diri saya sendiri, dan mempertimbangkan interior saya, saya akan mencoba membuat diri saya, sedikit demi sedikit, lebih dikenal dan akrab dengan diri saya sendiri.

Saya adalah sesuatu yang berpikir, yaitu, yang meragukan, yang menegaskan, yang menyangkal, yang mengetahui beberapa hal, yang mengabaikan banyak hal lainnya, yang mencintai, yang membenci, yang menginginkan, yang tidak menginginkan, yang membayangkan, dan yang terasa. 

Karena, seperti yang telah saya tunjukkan sebelumnya, meskipun hal-hal yang saya rasakan dan bayangkan mungkin sama sekali bukan apa-apa di luar diri saya dan di dalam diri mereka sendiri, saya tetap yakin  cara berpikir itu, yang saya sebut perasaan dan imajinasi, hanya sejauh mereka ada. cara berpikir,

Dan dalam sedikit yang baru saja saya katakan, saya pikir saya telah memberikan penjelasan tentang semua yang benar-benar saya ketahui, atau setidaknya dari semua yang saya anggap sampai saat ini  saya tahu. Sekarang saya akan mempertimbangkan, lebih tepatnya, jika tidak ada dalam diri saya, mungkin, pengetahuan lain yang belum saya rasakan. Saya yakin saya adalah orang yang berpikir; tetapi apakah saya tidak tahu apa yang diperlukan untuk memastikan sesuatu? 

Dalam pengetahuan pertama ini tidak ada yang lebih dari persepsi yang jelas dan jelas tentang apa yang saya tegaskan; yang, tentu saja, tidak akan cukup untuk meyakinkan saya  itu benar, jika bisa terjadi sesuatu yang saya bayangkan dengan begitu jelas dan jelas menjadi salah. Dan oleh karena itu bagi saya tampaknya saya sudah dapat menetapkan sebagai aturan umum  semua hal yang kita bayangkan dengan sangat jelas dan jelas adalah sepenuhnya benar.

Namun, saya sebelumnya telah menerima dan mengakui beberapa hal sebagai sangat benar dan nyata, yang, bagaimanapun, kemudian saya akui sebagai meragukan dan tidak pasti. Jadi apa saja hal-hal itu? Mereka adalah Bumi, langit, bintang-bintang dan semua hal lain yang dia rasakan melalui indranya. Sekarang, apa yang dia bayangkan dengan jelas dan jelas di dalamnya? Tentu saja tidak ada yang lain selain gagasan, atau pemikiran tentang hal-hal seperti itu, yang muncul di benak saya. Dan bahkan sekarang saya tidak menyangkal  ide-ide seperti itu ditemukan dalam diri saya.

 Tetapi kemudian ada hal lain yang saya tegaskan, dan yang, dari kebiasaan saya mempercayainya, saya pikir saya memahaminya dengan sangat jelas, meskipun pada kenyataannya saya tidak melihatnya sama sekali, yaitu, ada hal-hal di luar diri saya yang darinya seperti itu. ide-ide berjalan dan yang benar-benar mirip. Dan dalam hal inilah saya salah; atau, jika saya menilai menurut kebenaran, itu bukan karena pengetahuan apa pun yang saya miliki dan itulah penyebab kebenaran penilaian saya.

Tetapi ketika dia menganggap sesuatu yang sangat sederhana dan mudah, yang berkaitan dengan aritmatika dan geometri, misalnya dua dan tiga dijumlahkan dengan lima, dan sejenisnya, tidakkah dia setidaknya memahaminya dengan cukup jelas untuk memastikan  itu benar? Tentu saja, jika saya kemudian menilai  hal-hal ini dapat diragukan, itu tidak lain adalah karena terpikir oleh saya  mungkin beberapa Tuhan dapat memberi saya sifat sedemikian rupa sehingga saya salah bahkan dalam kaitannya dengan hal-hal yang tampaknya saya untuk menjadi kenyataan.lebih nyata. Tetapi setiap kali pendapat yang telah dipahami sebelumnya tentang kekuatan berdaulat Tuhan muncul dengan sendirinya dalam pikiran saya, saya harus mengakui  mudah baginya, jika dia mau, untuk membuat saya salah, bahkan dalam hal-hal yang saya pikir saya tahu dengan pasti. .bukti yang bagus.

 Dan, sebaliknya, Setiap kali saya beralih ke hal-hal yang saya pikir saya bayangkan dengan sangat jelas, saya sangat dibujuk oleh mereka sehingga saya membiarkan diri saya terbawa oleh kata-kata ini: biarkan siapa pun yang bisa menipu saya, jika dia tidak pernah bisa membuat saya tidak menjadi apa-apa sementara saya pikir saya adalah sesuatu; atau  suatu hari memang benar  saya belum pernah, menjadi benar  sekarang saya; atau yang lain, dua dan tiga itu bertambah menjadi lebih atau kurang lima, atau hal-hal serupa, yang saya lihat dengan jelas tidak bisa lain dari bagaimana saya membayangkannya. Dan tentu saja, karena saya tidak punya alasan untuk percaya  ada Tuhan yang penipu dan, meskipun saya belum mempertimbangkan yang membuktikan  ada Tuhan, alasan keraguan, yang hanya bergantung pada pendapat ini, sangat tipis dan, bisa dikatakan, metafisika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun