Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Apa Itu Penelitian "Etnografi"?

2 Juni 2021   08:29 Diperbarui: 2 Juni 2021   08:54 116 7 1 Mohon Tunggu...

Apa itu Penelitian Etnografi? [2]

Salah satu komponen penting penelitian lapangan adalah observasi dan dokumentasi; etnografi (etno, Yunani = orang dan graphein = menulis, mendeskripsikan). "Penelitian lapangan etnografi menggambarkan tradisi penelitian yang meneliti orang-orang dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk mendapatkan wawasan tentang dunia dan cara hidup mereka dan untuk mengembangkan makna dan praktik mereka melalui analisis budaya". 

Etnografi adalah bentuk khusus dari penelitian etnografi dan diterjemahkan sebagai "deskripsi orang". Perhatian utama etnografi adalah memahami kehidupan dan struktur sosial budaya asing dari sudut pandang mereka.

Etnografi adalah cikal bakal etnologi (etnologi), mencoba menggunakan metode psikoanalisis untuk meneliti hubungan antara budaya dan pembentukan kepribadian atas dasar perbandingan antar budaya dalam proses sosialisasi. "Perkembangan etnografi erat kaitannya dengan perluasan cakrawala ilmu-ilmu sosial Eropa sebagai hasil dari penemuan dan penjelajahan geografis yang selalu baru melalui ekspansi kapitalis-kolonial".

Maka akses merupakan salah satu tantangan terbesar Tanpa akses ke lapangan, tidak ada penelitian tentang lingkungan sosial. Prasyarat pertama untuk akses lapangan adalah kesediaan para perwakilan untuk membuka lapangannya kepada pengamat/peneliti. Pemikiran dalam konteks yang lebih besar, ini harus dikombinasikan dengan kemauan untuk mempresentasikan bidang ilmu peneliti kepada masyarakat.

Tujuan etnografi adalah membuka dan menjelaskan lebih banyak tentang dunia yang tidak dikenal, yang di dalamnya terdapat beberapa opsi akses. Metode akses yang memungkinkan di sini adalah analisis dokumen, wawancara, atau bahkan observasi partisipan dan terselubung, secara individu atau kombinasi. 

Berkat banyaknya pendekatan yang berbeda ini, setiap etnografi gambaran padat tentang dunia kehidupan yang tidak dikenal atau lingkungan yang tidak dikenal dapat muncul. Seni sekarang terletak pada representasi sastra dunia yang dialami secara sosial oleh peneliti dengan segala pengalamannya untuk memberikan akses pembaca ke dunia ini.

Apakah atau seberapa nyata dan tepat gambaran padat Labenswelt [dunia kehidupan]  tidak diketahui ini dapat muncul, paling tidak tergantung pada apakah etnografer mengamati secara terbuka atau partisipatif ("secara diam-diam"). Jika mengambil peran pengamat terbuka, semua peserta lapangan tahu   etnografer ada di sana dan sedang membedah dan mendokumentasikan peristiwa sosial.

Namun, jika etnografer memilih varian observasi yang berpartisipasi, partisipan lapangan tidak menyadari bahwa mereka dan peristiwa sosial sedang diamati. Ini memiliki keuntungan besar etnografer dapat bergerak bebas dan, sebagai anggota kuasi, memiliki akses ke "pengetahuan orang dalam". Metode ini sangat cocok untuk meneliti budaya asing, dinamika   lingkungan yang beragam, karena dengan metodenya   adalah bagian dari aksi,karena seseorang hidup dalam budaya yang akan diteliti.

"Dikembangkan dalam antropologi budaya, penelitian lapangan etnografi adalah salah satu metode penelitian yang paling menantang dan penuh petualangan, karena idealnya   membenamkan diri dalam budaya asing, hidup dengan" penduduk setempat [life in]", mengenal adat istiadat mereka, mempelajari dan mendokumentasikan lingkungan mereka, praktik, cara berpikir dan bertindak". Lihat model penelitan   penelitian etnografi yang paling mudah dijumpai cukup banyak. Misalnya hasil penelitian The Religion of Java', Clifford James Geertz atau lebih dikenal Clifford Geertz.

Kendala utama adalah tidak punya banyak waktu selama seminar di universitas dan di tengah-tengah waktu jadwal riset untuk melakukan penelitian etnografi yang memakan waktu dan untuk hidup atau membenamkan diri  dalam budaya asing [orang Flores meneliti Budaya Badui misalnya], pencelupan ini tidak mungkin bagi peneliti. Sebaliknya, itu adalah masalah mengalami kemungkinan dan masalah etnografer serta penelitian etnografi, observasi, dokumentasi dan tekstualisasi, dan sebagian membuka diri. Itu lebih merupakan pertanyaan untuk memeriksa kerangka umum etnografi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN