Mohon tunggu...
Bagus Sudewo
Bagus Sudewo Mohon Tunggu... Lainnya - Blog

Gen Z | Contributor Writer Yoursay.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

6 Tips Efektif Meningkatkan Produktivitas WFH

26 Mei 2023   20:15 Diperbarui: 26 Mei 2023   20:21 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Pexels/Tony Schnagl)

Banyak orang yang memilih untuk menjadi freelancer atau bekerja secara remote sejak pasca pandemi kemarin. Tidak sedikit juga ada pekerja kantor masih menerapkan jadwal hybrid yang menggabungkan kerja WFO dan WFH. Kerja dari rumah atau work from home (WFH) dirasa memberikan fleksibilitas dan kenyamanan bagi yang tidak ingin terpaku kerja pada lokasi tertentu. 

Namun, WFH juga memiliki tantangan dan gangguan tersendiri yang bisa mempengaruhi produktivitas dan kesehatan pekerja. Mulai dari kurangnya motivasi, hingga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. 

Lalu, bagaimana cara mengatasinya dan tetap produktif saat kerja dari rumah? Berikut ini kami sajikan tips-tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kinerja dan kesehatan Anda saat WFH.

1. Buat Jadwal Kerja yang Realistis

Salah satu kunci untuk tetap produktif saat WFH adalah membuat jadwal kerja yang sesuai dengan kapasitas dan prioritas Anda. Dengan membuat jadwal yang realistis, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan efisiensi dengan mengetahui tugas yang diprioritaskan dan tidak bingung tentang apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
  • Menghindari kelelahan dan stres yang bisa menurunkan kualitas kerja dan kesehatan mental Anda dengan menentukan waktu istirahat yang cukup.
  • Menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi dengan mengalokasikan waktu untuk keluarga, teman, atau hobi Anda tanpa mengorbankan pekerjaan Anda.
  • Menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan client yang mungkin berbeda-beda tergantung pada situasi dan proyek yang sedang dijalankan dengan memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas dan berkomunikasi dengan baik.
  • Menyelesaikan tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu sehingga tidak menumpuk dan menimbulkan stres dengan memilah-milah tugas berdasarkan tingkat urgensi dan pentingnya.
  • Menghemat waktu dan energi yang bisa digunakan untuk melakukan hal lain yang bermanfaat, seperti belajar, berolahraga, atau bersantai dengan mengoptimalkan waktu kerja Anda dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efektif.
  • Meminimalisir kesalahan dan revisi yang bisa mengganggu kualitas kerja dan kinerja Anda dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum memulai pekerjaan dan memeriksa kembali hasil kerja Anda sebelum mengirimkannya.

Contoh Jadwal Kerja yang Efektif

Beberapa contoh jadwal kerja yang bisa Anda terapkan diantaranya seperti;

  • Bekerja di kantor selama 2-3 hari dalam seminggu, dan sisanya bekerja dari rumah. Jadwal ini bisa membantu Anda untuk tetap terhubung dengan rekan kerja di kantor, sekaligus memberikan fleksibilitas untuk bekerja di rumah.
  • Memprioritaskan pekerjaan yang lebih besar atau penting di awal jam kerja, dan menyelesaikan pekerjaan yang lebih kecil atau ringan di akhir jam kerja.
  • Menerapkan aturan 52-17, yaitu bekerja selama 52 menit dan istirahat selama 17 menit. Aturan ini bisa membantu Anda untuk fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan, dan menghindari distraksi atau multitasking. Selain itu, istirahat yang cukup juga bisa meningkatkan produktivitas dan kesehatan Anda.
  • Menyamakan jadwal kerja WFH yang sesuai dengan jam kerja kantor, misalnya mulai bekerja pukul 08.00 dan selesai pukul 17.00. Jadwal ini bisa membantu Anda untuk menjaga ritme kerja yang teratur, dan menghindari kelebihan atau kekurangan jam kerja. Anda juga bisa berkoordinasi dengan atasan dan rekan kerja mengenai jadwal kerja WFH Anda.

2. Batasi Sosial Media


Anda mungkin akan tergoda untuk melihat atau membalas pesan, mengikuti perkembangan berita, atau menonton video yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda. 

Hal ini bisa membuat Anda kehilangan fokus, waktu, dan energi yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan tugas Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membatasi penggunaan media sosial saat WFH. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan notifikasi media sosial di ponsel atau komputer Anda, atau menggunakan mode fokus pada gawai selama jam kerja. 

Dengan begitu, Anda bisa mengurangi gangguan dan godaan dari media sosial, dan bekerja dengan lebih konsentrasi dan efektif.

3. Tetapkan batasan antara urusan kerja dan urusan pribadi

Tantangan lain yang sering dihadapi oleh para pekerja wfh adalah menetapkan batas antara hal kerjaan dan hal pribadi. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi kondisi tersebut adalah dengan menyediakan ruang kerja pribadi di rumah. Ruang kerja pribadi adalah tempat yang nyaman, tenang, dan terpisah dari ruang pribadi Anda. 

Dengan memisahkan ruang kerja dan ruang pribadi, Anda bisa fokus saat bekerja dan rileks saat beristirahat. Anda juga bisa menghindari gangguan dari keluarga, teman, atau hewan peliharaan yang mungkin mengganggu konsentrasi atau mood Anda. 

Matikan push notification setelah pekerjaan selesai. Ini akan membantu Anda meningkatkan quality time dengan keluarga dan beristirahat tanpa terganggu oleh pesan atau email dari client atau atasan. 

Usahakan untuk fokus saat bekerja dan rileks saat beristirahat, jangan mencampuradukkan keduanya. Hal ini akan membuat Anda lebih produktif dan bahagia. 

4. Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menata ruang kerja agar teratur sebelum mulai bekerja. Buang barang-barang yang tidak perlu atau mengganggu dari meja kerja Anda. Simpan dokumen-dokumen penting di tempat yang mudah dijangkau dan rapi. Pastikan juga ada cukup pencahayaan dan sirkulasi udara di ruang kerja Anda. 

Anda juga perlu menata meja kerja agar ergonomis. Posisikan layar komputer sejajar dengan pandangan mata Anda. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena bisa menyebabkan leher pegal. 

Tempatkanlah mouse pada posisi yang mudah dijangkau dan di atas tinggi permukaan yang sama dengan keyboard. Keyboard dan mouse harus diposisikan sedemikian rupa sehingga ketika bekerja siku Anda tetap berada di samping. Hal ini akan mencegah sakit tangan atau pergelangan tangan akibat bekerja terlalu lama. 

Selain itu, kursi kerja yang ergonomis juga sangat penting. Pilihlah kursi kerja yang memiliki sandaran kursi yang bisa menopang punggung Anda dengan baik. Sesuaikan tinggi kursi dengan kaki Anda sehingga kaki Anda bisa menyentuh lantai dengan nyaman. Jangan lupa untuk berdiri dan bergerak setiap beberapa jam untuk meregangkan otot-otot Anda.

5. Lakukan Aktivitas Positif

Penting bagi Anda untuk melakukan aktivitas positif untuk menghindari stres dan meningkatkan mood dan kesehatan mental Anda ketika WFH. 

Ada beberapa aktivitas positif yang dapat Anda lakukan di sela-sela WFH, seperti meditasi, menyempatkan olahraga pagi, memasak makanan sehat, atau melakukan hobi Anda. 

Bentuk rutinitas pagi yang positif sebelum bekerja. Rutinitas pagi ini bisa berupa bangun lebih pagi, olahraga, sarapan sehat, dan membuat goals per hari.

6. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan aplikasi atau platform yang dapat membantu Anda untuk produktivitas dan kolaborasi kerja. Selain Zoom, ada beberapa platform lain yang bisa Anda rekomendasikan pada tim kerja Anda, di antaranya adalah Notion atau Discord. 

Notion adalah platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat catatan, dokumen, database, proyek, dan lain-lain. Dengan Notion, Anda bisa berbagi dan mengedit konten dan plan project dengan tim kerja secara real-time. 

Sementara, Discord adalah platform yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan tim melalui suara, teks, atau video. Keunggulan Discord yaitu menyediakan saluran yang memungkinkan pengguna untuk membuat grup atau server pribadi untuk berinteraksi secara eksklusif dengan rekan kerja.

Demikianlah beberapa tips produktivitas kerja dari rumah yang bisa Anda coba dan terapkan. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda bisa bekerja dengan lebih efektif, efisien, dan sehat saat WFH. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat bekerja!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun