Mohon tunggu...
Bachtiar Rachmad Pudya
Bachtiar Rachmad Pudya Mohon Tunggu... Guru - kegiatan sehari-hari sebagai guru bimbingan belajar di Ananda Ceria, aktifitas lainnya menulis buku dan artikel.

Owner Ananda Ceria bisnis center, Author & Creator

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Pahami Beda Antara Kartu Kredit Dan Debit

4 Juli 2021   19:08 Diperbarui: 4 Juli 2021   19:18 96 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pahami Beda Antara Kartu Kredit Dan Debit
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Di era global seperti sekarang ini transaksi tunai sudah mulai ditinggalkan dengan berbagai macam alasan, seperti; kepraktisan, resiko uang palsu dan lain sebagainya. Sehingga banyak masyarakat yang lebih menyukai transakasi non tunai. Maka, sangat penting bagi masyarakat umum untuk mengetahui bedanya kartu kredit dan debit serta cara pemanfaatannya. Agar tidak salah pilih yang pada akhinya dapat merugikan masyarakat itu sendiri.

Perbedaan Dan Pemanfaatannya

Kebutuhan masyarakat akan transaksi yang aman dan cepat terutama di kota-kota besar senakin meningkat. Dan hal tersebut telah mendorong bank untuk memberikan fasilitas pelayanan transaksi terbaik, sesuai dengan keinginan nasabahnya. Tentunya untuk mendapatkan fasilitas tersebut haruslah memenuhi persayaratan yang sudah ditentukan pihak bank yang bersangkutan. Maka, perlunya mengertahui  bedanya kartu kredit dan debit sebagaimana berikut:

1.Persyaratan Kepemilikan Kartu

Tentunya untuk mendapatkan kartu debit maupun kredit tidak diperoleh dengan begitu saja. Pastinya ada persyaratan dan kewajiban yang harus dipenuhi penggunanya. Maka, bedanya kartu kredit dan debit antara lain:

  • Kartu debit merupakan kelengkapan dari kepemilikan sebuah rekening di bank. Tentunya proses dan kelengkapan persyaratan sama dengan prosedur pembukaan rekening tabungan di bank, seperti; KTP atau ID card dan sejumlah uang yang akan ditabung.
  • Kartu kredit di peroleh setelah mengisi persyaratan data dan dilengkapi dengan dokemen pendukung, seperti; KTP, slip gaji dan lain sebaginya.

2.Mekanismenya

Pada dasarnya kedua jenis kartu tersebut diterbitkan oleh bank, dengan berbagai persyaratan dan kewajiban tertentu. Selain dapat menarik tunai juga  membutuhkan PIN saat bertransakasi. Namun, yang perlu dipahami berkaiatan dengan  bedanya kartu kredit dan debit, dapat dijabarkan sebagaimana berikut:

  • Kartu kredit, tidak membutuhkan rekening dan saldo pada bank penerbitnya. Kewajiban membayar tagihan secara tunai maupun dicicil. Setiap pengambilan tunai akan dikenakan biaya cukup tinggi oleh pihak banknya.
  • Kartu debit, dapat dimiliki dengan syarat memiliki rekening di bank penerbitnya. Agar transakasi dapat dilakukan, maka pengguna wajib memiliki saldo sejumlah transaksinya di bank penerbit. Bebas biaya penarikan tunai di ATM miliki bank penerbitnya.

3.Pemanfaatannya

Manfaat kepemilikan kartu  debit ataupn kredit adalg]h kemudahan dan kepraktisannya keteka bertransaksi. Sehingga penggunanya tidak membutuhkan kantung uang yang besar untuk bertransaksi. Dan perbedaan dari manfaat kedua kartu tersebut antara lain:

  • Kartu debit merupakan tabungan yang bergerak, sehingga dapat melakukan transaksi dimanapun selama masih ada saldo di rekeningnya. Dalam setiap transaksi tidak ada bunga maupun denda,  sebab semuanya langsung lunas terbayar.
  • Kartu kredit selalu menawarakan berbagai promo, diskon dan reward maupun cash back kepada penggunanya. Selain itu karena penggunaanya selalu terlacak, maka sangat aman dari pencurian maupun penyalahgunaan. Dan hampir semua bisnis online memberikan kemudahan bagi pengguna kartu kredit.

4.Kerugian

Tentunya di setiap penggunaan kedua jenis kartu tersebut terdapat kekurangan. Maka pihak bank penerbitnya pun berusaha meminimalisir kerugian yang mungkin di alami penggunanya. Maka beberapa kekurangan yang sebaiknya diketahui masyarakat, antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x