Mohon tunggu...
Azmi Oktansyah
Azmi Oktansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mulai aja dulu

20107030082 - Ilmu Komunikasi - UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kenapa Harus Nonton "One Piece"? Anime Sejuta Umat

3 Maret 2021   12:50 Diperbarui: 3 Maret 2021   13:05 3960
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hi! Ini kali pertama gw nulis di Kompasiana. So buat temen-temen Kompasianer bisa banget ngasih saran dan kritik di kolom komentar yaa...

            Oke, jadi kali ini gw pengen bahas One Piece nihh. Siapa sih yang gak tau One Piece? Anime sejuta umat yang serinya masih on going atau belum tamat sampe sekarang. Yap, seri yang ikonnya tengkorak bertopi jerami ini memang sangat populer baik di kalangan remaja atau bahkan orang dewasa.

One Piece apa sih?

            Jadi sebenernya apa sih One Piece itu? Dikutip dari Wikipedia One Piece merupakan seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda. Manga ini telah dimuat di majalah Weekly Shonen Jump milik Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997 dan telah dibundel menjadi 91 volume.

            Wah pantas saja seri ini banyak digemari orang dewasa karena memang usianya aja sudah sangat senior, bahkan lebih duluan lahir manga One Piece daripada gw sendiri hahaha...

Alasan Kenapa Harus Nonton Seri One Piece

          Setelah mengetahui apa itu One Piece sepertinya dibutuhkan suatu alasan kenapa lo harus banget nonton seri ini. Ada banyak alasan kenapa lo harus nonton seri One Piece ini salah satunya mengutip ucapan Sabda PS (CEO Founder of Zenius Education) bahwasannya dia bilang "Lo harus banget nonton seri ini selama hidup lo. Lo bisa menginduksi banyak hal dari seri ini yang relate dengan kehidupan nyata." Sekaligus alasan yang diomongin bang Sabda menjadi alasan juga kenapa gw nonton seri ini hahaha.

Sebenernya gw penonton yang baru nonton seri ini pas akhir tahun 2020. Sampe sekarang gw nulis, gw maraton baru sampe episode 400-an sedangkan episode terakhir update ada di angka 964. Walopun gw belum sampe ke episode update terakhir tapi gw merasa yang diomongin bang Sabda itu can related. Gw mendapat banyak insight dari nonton seri ini. Apa aja insightnya? Lanjut baca sampe beres, jangan di-skip yaa...

Beberapa Insight dari Seri One Piece

            Selain alur cerita dan animasi yang seru, One Piece juga terdapat banyak hal atau insight yang dapat gw induksi dan diimplementasikan dalam kehidupan nyata. Beberapa insight yang gw dapat selama maraton seri ini di antaranya adalah :

  • Menilai Seseorang Sesuai Fakta pada Dirinya

Dari One Piece gw dapet insight bahwasannya ketika memberi penilaian terhadap seseorang itu dinilai dari sikap dan nilai-nilai yang menjadi pegangan bagi orang tersebut. Menilai seseorang itu tidak dilihat berdasarkan stereotip atau dari golongan mana dia berasal. Dalam hal ini contohnya adalah Luffy yang merupakan seorang bajak laut tetapi sikapnya berbeda dari bajak laut lain yang stereotipnya buruk. Hal itu karena dia memegang prinsip dan nilai yang berbeda dari bajak laut lain pada umumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun