Mohon tunggu...
Alfiyah  Qurrotu A.
Alfiyah Qurrotu A. Mohon Tunggu... Mahasiswa

masih belajar, dan selamanya akan begitu.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Penting Bagi Orangtua untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

9 Oktober 2019   23:42 Diperbarui: 10 Oktober 2019   08:32 0 3 1 Mohon Tunggu...
Penting Bagi Orangtua untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil
Ilustrasi Keluarga Bahagia oleh Edukatips.com

Orang tua menginginkan anaknya menjadi sehat, tanggung jawab, baik pada sesama, dirinya sendiri, serta kedua orang tuanya.

Dimanapun ia berada, orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Bagaimanapun caranya, hal-hal yang terkesan remeh pun kadang tetap dilakukannya demi membentuk pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal dan memasuki taraf anak yang bermoral dan bertanggung jawab. 

Dikatakan Jane Brooks dalam bukunya, The Process Of Parenting, 91% orang tua menceritakan bahwa menjadi sosok yang dipercaya anak dan mengajarkan kejujuran kepada mereka adalah hal terpenting dalam sebuah pengasuhan. 

Dari 83% lainnya mengatakan bahwa yang lebih penting dari semuanya adalah kontrol diri dan disiplin. Kedua data tersebut menunjukkan bahwasanya, orang tua, memiliki peran penting dalam membentuk karakter anaknya mulai dari hal terkecil tingkah laku keseharian orang tua yang dapat ditiru anak, hingga yang cukup berat adalah mengajarkan tentang konsep kejujuran serta pengamalannya dalam wujud manajemen diri bagi anak-anaknya.

Menjadi orang tua adalah pekerjaan yang tiap detiknya menegangkan namun banyak sekali yang ingin berada pada posisi ini. Seseorang akan ingin menjadi orang tua disebabkan oleh beberapa alasan. 

Jika dilihat dari pernyataan Morten L. Kriengelbach dalam Jurnalnya, seseorang ingin menjadi orang tua karena pertama, mereka telah memiliki pola pikir yang telah merespon positif atas kehadiran bayi. 

Kedua, adanya dorongan masyarakat untuk memengaruhi segeraa memiliki anak. Kedua alasan tersebut dapat disimpulkan bahwasanya alasan terbesar seseorang ingin menjadi orang tua ialah agar dapat merasakan kebahagiaan dan kepuasan besar hidup bersama anak mereka.

Pengasuhan adalah sebuah proses, karenanya dia tidak berjalan dari satu arah saja di mana orang tua hanya berperan membawa anak kepada tahap pendewasaan. 

Tidak seperti demikian, pengasuhan merupakan tindakan interaksi antara orang tua dan anak. di mana dalam pengasuhan akan terjadi keuntungan satu sama lain selama prosesnya. 

Kedua belah pihak akan saling mengubah satu sama lain saat anak tumbuh menjadi sosok dewasa. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan pekerjaan wajib bagi setiap orang tua. 

Hal demikian tentu tidak serta merta mendukung namun tidak dilandasi dengan sebuah keterampilan tertentu dalam mendampingi tumbuh kembang si kecil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x