Mohon tunggu...
Agnes Dewi Kartika Sari
Agnes Dewi Kartika Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi saya berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Self Mental Health Awareness yang Perlu Kita Sadari

20 September 2022   22:16 Diperbarui: 20 September 2022   22:34 54 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan mental adalah kondisi yang dialami individu dalam mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan. Dan seringkali masalah ini dinomor duakan karena banyak orang yang lebih mengutamakan tentang kesehatan fisik. Padahal, jika kita sadari keduanya memiliki peran yang sama-sama penting bagi kehidupan kita.

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental, karena selain hal itu mencegah datangnya gangguan mental tetapi juga menjadikan seseorang itu berfungsi dengan baik dalam lingkungannya.

Salah satu tanda bahwa seseorang itu dalam keadaan kesehatan mental yang baik yaitu memiliki rasa percaya diri dan optimis. Banyak cara untuk mengembangkan rasa percaya diri itu sendiri salah satunya selalu bangun pola pikir yang positif  karena dengan begitu kamu memiliki kesempatan untuk memberdayakan potensi dengan baik.

Tentu saja hal tersebut masih terasa sulit bagi orang-orang tertentu. Maka dari itu peran lingkungan juga merupakan faktor penting. Bisa kita rasakan permasalahan yang semakin melonjak di masyarakat, apalagi pada kaum muda sekarang yaitu insecurity dan adanya ketidaksadaraan masyarakat dalam mementingkan berproses dirinya dan orang lain sebagai manusia yang selalu berkembang.

Tidak heran jika remaja saat ini lebih membutuhkan pengawasan kesehatan mental yang lebih banyak porsinya dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Karena di era globalisasi ini kita semua mengikuti perkembangan arus yang cepat dan penggunaan media sosial yang kurang bijak akan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Tetapi jangan khawatir, terdapat berbagai solusi yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita.

  • Belajar menghargai diri sendiri

Kita seringkali lebih sibuk menghargai orang lain dari pada diri sendiri. Kita seringkali tidak sadar jika kita melakukan kebiasaan yang buruk, seperti merendahkan diri sendiri seperti mengkritik, menyalahkan, dan berbicara negatif kepada diri kita.

  • Memulai gaya hidup sehat

Seperti yang kita bahas diawal, menjaga kesehatan mental dan fisik mempunyai peran yang sama-sama penting. Gaya hidup sehat akan mendukung semua fungsi tubuh dari sisi jasmani dan rohani sehingga menghasilkan kehidupan yang berkualitas dan bahagia. Dan hal yang dibutuhkan untuk bisa menerapkan pola hidup sehat sederhana ini adalah komitmen dan konsistensi.

  • Menjaga hubungan baik terutama dengan keluarga

Keluarga adalah aspek terpenting bagi kehidupan manusia. Dari keluarga itu sendiri, untuk pertama kali manusia merasakan kasih sayang, pendidikan dan rasa aman. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hubungan sosial, khususnya hubungan keluarga, memiliki efek jangka panjang dan jangka pendek pada kesehatan mental seseorang.

  • Berbuat baik kepada orang lain

Penelitian mengungkapkan bahwa melakukan sesuatu kepada orang lain yaitu kebaikan, menjadikan kita merasa puas dan memberi efek menguntungkan untuk diri kita dan berperilaku membantu dengan bersikap ramah adalah cara yang tepat untuk membangun harga diri.

  • Mengontrol rasa stress

Stres adalah hal yang sulit dihindari tetapi cara untuk mengurangi rasa stres itu sendiri dengan cara meditasi, melakukan hal-hal yang disuka, dan menghindari sesuatu yang memacu stres tersebut. Bersyukur tentang hal-hal yang sudah dicapai juga membantu diri kita agar lebih merasa tenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan