Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Penyair Majenun

Author of 'The Geek Got The Girl', 'Rindu yang Memanggil Pulang', 'Kafe Pojok & Barista tak Bernama' (Antologi Puisi), 'Terdampar dan Cerita-cerita Lain' (Kumpulan Flash Fiction), '2045' (Kumpulan Cerpen) dan 'Bobo Pengantar Dongeng' (Kumpulan Dongeng Kekinian). Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Writer. Editor. Poet. Space dreamer. https://www.wattpad.com/user/IkhwanulHalim

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Memelihara Peliharaan

25 Juni 2019   12:00 Diperbarui: 25 Juni 2019   12:18 0 19 5 Mohon Tunggu...
Memelihara Peliharaan
metro.co.uk

Ada perbedaan antara pensiun dan pikun, tetapi putraku tampaknya berpikir bahwa siapa pun yang lahir sebelum era wifi tak dapat mengurus sendiri.

Minggu lalu dia ingin menunjukkan cara mengoperasikan kulkas dengan kendali jarak jauh. Dia lupa bahwa benda sialan itu adalah salah satu rancanganku selama tiga puluh tahun berkarir di bidang rekayasa robotika.

Kali ini dia membawakan Guck, anjing robot yang berbulu lebat. Katanya untuk menemaniku. Artinya dia terlalu sibuk memprogram sisir elektronik sehingga takkan dapat mengunjungiku beberapa minggu ke depan.

"Bukankah dia cantik?" tanyanya.

"Dia," kataku. "Dia jantan. Jantan tidak pernah cantik."

"Terserah apa kata Bapak, deh."

Guck akan menggonggong girang - bunyi yang dihasilkan pengeras suara piezo elektrik di tenggorokannya - jika aku menyentuh salah satu dari sembilan-puluh titik sensor  pada kulitnya. Aku telah menemukan mereka semua, jadi aku tahu.

***

Hari ini putraku membelikanku Gluck yang lain karena yang pertama rusak. Mungkin aku sengaja merusaknya setelah menemukan kamera dan perekam suara di kepalanya. Atau mungkin aku tak sengaja menendangnya, atau dia bertengkar dengan robot pembersih lantai. Mereka tidak selalu akur.

Terkadang aku pelupa, tetapi sebagai insinyur jari-jariku masih ingat letak kabel, tahu jika ada yang salah. Aku tidak setua itu, Anda tahu. Tidak perlu anakku memata-matai dengan hewan peliharaan elektronik. Aku bisa mengurus diri sendiri. Aku berhak memiliki privasi.

Bisa-bisa tak lama lagi dia akan memasang gelang manula yang mencatat semua yang aku sentuh. "Jangan lupa untuk mencuci tangan," gelang itu akan berbunyi. Bisakah Anda bayangkan rasanya diatur oleh sebuah gelang? Versi terbarunya konon sangat bagus, bisa bergetar untuk memberikan rasa nyaman bagi yang memakainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x