Pendidikan

Pelatihan Blog untuk Menumbuhkan Budaya Menulis Mahasiswa UKM SIMPEL Universitas Pancasakti Tegal

17 Mei 2018   11:11 Diperbarui: 17 Mei 2018   11:26 140 0 0
Pelatihan Blog untuk Menumbuhkan Budaya Menulis Mahasiswa UKM SIMPEL Universitas Pancasakti Tegal
dokpri


Mahasiswa dituntut untuk bisa menyampaikan ide, gagasan, dan pemikiran tertulis secara sistematis. Dengan berlatih menulis atau dengan banyak membuat tulisan maka hal tersebut akan banyak bermanfaat dala menyelesaikan tugas di kampus  seperti tugas membuat makalah, meresume materi atau juga laporan dari praktikum dan tugas-tugas terstruktur yang memiliki kaidah aturan dalam penulisan. 

Disamping itu mahasiswa juga memiliki kesempatan dalam menuangkan ide untuk program kreatifitas mahasiswa dalam bentuk pembuatan proposal yang di danai dari pemerintah ataupum membuat gagasan tertulis dan artikel ilmiah program dari ristek dikti. mahasiswa Universitas Pancasakti tegal yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Studi Ilmiah Mahasiswa Pancasakti Tegal (UKM SIMPEL) menyelenggarakan pelatihan penulisan Kompasiana. 

Di Kompasiana mahasiswa dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video. Kegiatan dilaksanakan satu hari pada tanggal 14 Mei 2018, materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Agus Wibowo.  Pada kegiatan itu juga mahasiswa diwajibkan membuat satu tulisan yang akan di revew pada minggu mendatang.

Kegiatan menulis mahasiswa diharapkan dapat menjadi branding diri, jika mahasiswa banyak menulis pada bidang yang sama dan tulisan itu di share dalam medsos, media masa, di jurnal ilmiah ataupun dalam bentuk bukun, maka secara tidak langsung tulisan tersebut menjadi branding. 

Apabila hasil tulisan mahasiswa sudah dikenal luas dan banyak bertebaran di media masa, di jurnal ilmiah, atau bahkan sudah berupa buku maka akan semakin optimal branding dirinya. Branding diri ini sangat penting dilakukan jika mahasiswa ingin terjun dalam entrepreneur dan bisnis.

mahasiswa termasuk dalam insan ilmuwan dan akademisi, dan eksistensi Ilmuwan dan akademisi secara umum akan dinilai bagaimana bentuk dari karya-karya tulis yang telah dihasilkannya. Dengan demikian penting untuk mahasiswa sejak awal sudah menghasilkan karya-karya tulis yang dipublikasikan, sehingga akan membentuk atau menghasilkan portofolio di bidang kepenulisan. 

Portofolio tersebut akan sangat bermanfaat bagi karir mahasiswa untuk bergerak dan mengembangkan diri di bidang akademik dan keilmuan. fortofolio ini juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi mahasiswa ketika sudah lulus yang merupakan bentuk kemampuan mengorganisasi ide dalam bentuk tulisan.