Mohon tunggu...
Avin Rodli H
Avin Rodli H Mohon Tunggu... Mahasiswa Biasa

Hidup adalah Perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Brumbung "Gumregah" Lawan Corona

3 Juli 2020   08:49 Diperbarui: 3 Juli 2020   08:49 14 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Brumbung "Gumregah" Lawan Corona
Dok. pribadi

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret yang dilaksanakan di Lingkungan Brumbung, Kaliancar, Selogiri, Wonogiri kali ini memiliki judul GUMREGAH yang merupakan akronim dari Gerakan Brumbung Sadar Pencegahan Covid-19. Judul tersebut mengambil filosofi dari kata Gumregah yang berasal dari Bahasa Jawa yang berarti bangkit, siap siaga, semangat, dan optimis.

KKN UNS Covid-19 tahap I ini berlangsung selama 50 hari yang dimulai pada 1 Mei-19 Juni 2020. Avin Rodli Hidayat, mahasiswa Fakultas Hukum UNS selaku pelaksana kegiatan KKN COVID-19 dengan bimbingan Bapak Sutrisno Hadi Purnomo, S.Pt., M.Si., Ph.D, memiliki beberapa program kerja dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap upaya pencegahan penularan Covid-19 di Brumbung.

Program kerja tersebut telah disesuaikan dengan kondisi permasalahan lokasi KKN yang meliputi kurangnya pemahaman masyarakat hingga pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat yang belum dilakukan dengan baik dan benar. Program kerja yang dilaksanakna antara lain SI GAVID (Sosialisasi Cegah Covid-19), Pembuatan Ember Cuci Tangan untuk tempat umum di Lingkungan Brumbung, MASKER KITA (Masker Untuk Kesehatan Kita), Pembuatan dan pembagian disinfektan rumahan, Pendampingan bagi siswa dan guru belajar dari rumah, dan Pendataan Warga yang terdampak Covid-19.

Metode KKN yang dilakukan secara dalam jaring (online) dan luar jaringan (offline) dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan memiliki tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun program kerja. Salah satu kegiatan yang dilaksanakn secara daring yaitu sosialisasi melalui grup WhatsApp Keluarga, Karang Taruna, dan Ibu-Ibu PKK.

Kegiatan ini mendapat respon yang cukup baik dari perangkat RW/RT yang terbantu dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang Covid-19 karena dapat menjangkau hingga kalangan masyarakat bawah seperti yang disampaikan oleh Ketua RW 07 Lingkungan Brumbung Bapak Suyatno "Meskipun kondisi Brumbung cukup aman tetapi dengan adanya kegiatan KKN ini dapat memberikan pemahaman lebih mengenai pencegahan Covid-19 kepada warga Brumbung" saat ditemui pada Rabu, 17 Juni 2020.

Para Lansia yang memiliki kerentanan terhadap penularan Covid-19 juga tak luput dari sasaran kegiatan KKN ini dengan mendapatkan edukasi tentang penggunaan masker dan hand sanitizer. Dalam beberapa kegiatan KKN juga melibatkan perwakilan Karang Taruna seperti pemasangan poster dan banner cegah Covid-19, pembuatan dan penyemprotan disinfektan, dan sosialisasi cegah-19 yang memang ditujukan kepada karang taruna sehingga mereka dapat membimbing keluarga dalam melakukan pencegahan covid-19.

Terlaksananya KKN UNS Covid-19 Tahap I ini merupakan terobosan baru dalam rangka pengabdian masyarakat pada saat pandemi Covid-19 serta diharapkan membawa sumbangsih kepada masyarkat di daerah masing-masing mahasiswa terutama dalam hal pencegahan dan penanganan Covid-19

VIDEO PILIHAN