Perkembangan teknologi di era digital terlihat jelas telah membawakan perubahan besar dalam perilaku konsumen. Konsumen lebih bergantung pada perangkat mobile untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan berbelanja online hingga menggunakan layanan transportasi berbasis aplikasi yang memungkinkan penggunanya mendapat kendaraan secara instan. Berikut ini adalah beberapa hal penting mengenai dampak teknologi memengaruhi perilaku konsumen.
- Peralihan dari Offline ke Online.
Salah satu pengaruh signifikan dari teknologi mobile adalah peralihan perilaku konsumen yang awalnya berbelanja secara offline ke online. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi dengan platform digital. Konsumen merasakan berbagai kemudahan, seperti dapat mengakses informasi mengenai produk yang akan dibeli, membandingkan harga produk, dan membaca ulasan dari konsumen lain mengenai produk yang akan dibeli.
Digital marketing memiliki peran yang besar dalam hal ini. Melalui platform digital, seperti media sosial, iklan digital, dan aplikasi belanja online, perusahaan lebih mudah untuk menjangkau konsumen. Teknologi analitik dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempelajari kebiasaan atau permintaan konsumen, sehingga mereka dapat memberikan layanan yang sesuai dengan preferensi individu.
- Automatisasi dalam Transaksi.
Teknologi digital membawa dampak besar pada bagaimana cara konsumen menggunakan dengan berbagai layanan, termasuk berbelanja dan melakukan transaksi. Mobile banking adalah salah satu inovasi yang memengaruhi konsumen dalam melakukan transaksi. Dengan aplikasi mobile banking, konsumen dapat melakukan transaksi jual beli dengan efisien. Hal ini yang menyebabkan cepatnya perkembangan e-commerce, yang memungkinkan pelanggan dapat memilih dan membeli produk dari berbagai merek dengan beberapa klik saja.
- Kemudahan dalam Mengakses Informasi
Pada era digital, konsumen dapatmengakses lebih luas informasi berbagai produk dengan sangat mudah. Adanya perangkat mobile, mereka dapat dengan mudah untuk membandingkan harga, membaca ulasan dari konsumen lain, mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi pribadi. Cara konsumen berbelanja berubah karena dapat berbelanja di mana saja dan kapan saja. Dengan melihat berbagai ulasan dari konsumen lain, mereka akan lebih percaya diri untuk memutuskan membeli suatu produk.
- Perilaku Konsumsi di Kalangan Masyarakat
Salah satu kelompok yang terpengaruh oleh teknologi mobile adalah mahasiswa. Penelitian terbaru menunjukkan banyak mahasiswa yang menggunakan layanan transportasi online, seperti Grab, untuk beraktivitas sehari-hari. Fenomena ini menunjukkan perubahan yang signifikan dalam minat dan perilaku konsumen. Konsumen lebih memilih memesan transportasi online daripada menggunakan transportasi umum karena lebih aman dan mudah. Dengan meningkatnya adopsi teknologi mobile, mahasiswa kini semakin bergantung pada layanan yang memudahkan kebutuhan mereka tanpa repot mencari transportasi umum.
Secara keseluruhan, perilaku konsumen telah berubah karena kemajuan teknologi mobile. Cara konsumen melakukan aktivitas, seperti berbelanja, bekerja, dan mengakses berbagai layanan telah dipengaruhi oleh pergeseran dari aktivitas offline ke online. Pergeseran ini dimanfaatkan oleh semua kalangan karena merasa dimudahkan dalam beraktivitas sehari-hari. Kemudahan dalam bertransaksi dari mana saja dan kapan saja serta penyebaran informasi yang lebih cepat dan efektif. Dengan adanya teknologi mobile, konsumen dapat membandingkan harga, membaca berbagai ulasan, dan berbelanja dengan cepat. Berbagai inovasi baru akan muncul di masa depan untuk mempermudah para konsumen dalam membuat keputusan pembelian yang sesuai dengan keinginan pribadi. Selain itu, perusahaan akan memiliki peluang untuk terus menciptakan produk yang lebih beragam sesuai dengan keinginan konsumen.
Sumber :
- Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen
- Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Di Era Revolusi Industri 4.0
- Perilaku Konsumen di Era Digital dan Strategi Perusahaan dalam Menghadapinya
- Perilaku Konsumsi Era Digital : Studi Kasus Mahasiswa Menggunakan Jasa Transportasi Online
- Pengaruh Penggunaan Digital Payment dan Service Quality Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi dalam Perspektif Islam
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI