Mohon tunggu...
Dea ArumWibisono
Dea ArumWibisono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jember

Mahasiswa S1 Ekonomi Syariah

Selanjutnya

Tutup

Financial

Riset Mahasiswa Ekonomi Syariah UNEJ: Mahasiswa Lebih Pilih Produk Tabungan Easy Wadiah BSI untuk Menabung

1 Desember 2022   16:48 Diperbarui: 1 Desember 2022   16:54 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Jember - Mahasiswa program studi ekonomi syariah Universitas Jember mengungkapkan mahasiswa ekonomi syariah lebih banyak berminat untuk menabung di BSI dengan produk Tabungan Easy Wadiah. Adapun kelebihan yang dimiliki produk tersebut yang membuat mahasiswa tertarik.

Berdasarkan hasil wawancara kepada 10 mahasiswa, sebanyak 10 orang memilih produk tabungan Easy Wadiah di BSI. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Jember memiliki minat menabung yang tinggi. 

"Tabungan Easy Wadiah sangat cocok untuk mahasiswa seperti saya, karena belum memiliki penghasilan." Ungkap salah satu narasumber

Berbagai alasan yang menjadi dasar mereka untuk memilih produk tersebut adalah bebas biaya administrasi setiap bulannya, dan hal ini dinilai sangat cocok digunakan bagi mahasiswa karena belum berpenghasilan. Selain itu, pelayanan dan fasilitas yang diberikan BSI juga menjadi menjadi salah satu alasannya.

Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk pengambilan produk tabungan di BSI  adalah faktor pendidikan dan faktor emosional. Pendidikan menjadi faktor pendorong pengambilan produk tabungan pada BSI, karena berkaitan dengan studi yang sedang mereka tempuh, yaitu program Ekonomi Syariah yang mengajarkan transaksi-transaksi perbankan yang dilarang oleh Islam, dan mahasiswa mengimplementasikan ilmu tersebut dengan menggunakan produk di BSI.

Selain faktor pendidikan, faktor emosional juga menjadi salah satu faktor pendorong mahasiswa untuk mengambil produk di BSI. Indikator faktor emosional mahasiswa yaitu menghindari transaksi yang mengadung riba, maisir dan gharar. 

"Karena memang saya kan mengambil prodi ekonomi syariah, jadi ya bentuk pengimplementasian nya menggunakan produk pada perbankan syariah." Tutur salah satu narasumber.

Faktor pendidikan dan emosional memiliki keterkaitan satu sama lain dalam mempengaruhi minat mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Jember dalam menggunakan produk tabungan di BSI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun