Mohon tunggu...
Arum Tias Astiningsih
Arum Tias Astiningsih Mohon Tunggu... Lainnya - Public Relations

Citizen of The World

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Tangani Customer Melalui Platform Digital

30 Juni 2020   11:36 Diperbarui: 30 Juni 2020   11:50 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi customer melakukan belanja melalui channel online | pexels.com

Covid-19 membuat cara bekerja kita juga berubah. Tentunya situasi ini membuat para pelaku usaha dan berbagai perusahaan harus dapat beradaptasi dengan cepat dalam membuat strategi baik dalam memasarkan produk maupun penjualan untuk menjaga omzet, dan juga dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Kondisi new normal seperti saat sekarang ini membuat banyak perusahaan dan pelaku usaha yang kini beralih secara digital atau online. 

Beralihnya konsumen berbelanja online membuat customer service yang fast response menjadi salah satu prioritas utama terutama dalam masa pandemi untuk memberikan service yang excellence. 

Customer service bisa dijadikan solusi terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Banyak perusahaan yang sudah menjadikan customer service sebagai garda terdepan dalam melayani dan berkomunikasi dengan konsumen, karena customer service merupakan fasilitas media informasi. 

Menurut Microsoft State of Global Service Report, hampir 61% pelanggan masa kini melihat customer service sebagai sesuatu yang sangat penting. 

Di tahun 2020 ini, customer service diprediksi akan mengambil alih peran dari "harga" maupun "jenis produk" itu sendiri sebagai suatu pembeda yang signifikan diantara banyaknya perusahaan di luar sana. 

Pengalaman konsumen yang puas dapat membantu perusahan dalam membangun kepercayaan dan bisa memicu pembelian ulang oleh konsumen. 

Namun, pengalaman konsumen yang buruk dapat menyebabkan perusahaan kehilangan penjualan, merusak reputasi, dan tentunya ulasan online yang buruk.

Perusahaan juga harus bisa bisa memprediksi kemajuan perkembangan dan teknologi untuk dapat  memaksimalkan fasilitas teknologi tersebut untuk dapat meningkatkan customer service dengan harapan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. 

Dengan hadirnya platform digital untuk penggunaan customer service dapat membantu perusahaan untuk melayani konsumen dengan mudah dan cepat selama 24 jam penuh mulai dari menjawab pertanyaan, hingga menanggapi komplain ataupun refund. 

Hadirnya teknologi tersebut diimbangi dengan sumber daya berpengalaman yang akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap untuk membantu perusahaan dalam berkomunikasi dengan konsumen.

Konsumen yang berbelanja secara online akan banyak bertanya informasi melalui media sosial atau kanal digital lainnya dan harus dijawab serta dilayani dengan cepat dan tepat. 

Untuk dapat membantu melayani konsumen dengan cepat dan tepat, banyak solusi untuk perusahaan yang dapat digunakan untuk melayani konsumen dengan mudah. Berbagai solusi tersebut diantaranya adalah Omni Channel, WhatsApp Business, dan juga Smart Chat Assistant. 

Dengan adanya solusi digital tersebut, perusahaan dapat mengatur agen customer service untuk dapat mengelola komplain dengan baik. Dibutuhkan tools customer service yang dapat mengelola komplain dari semua sumber dalam satu halaman saja misalnya dengan menggunakan Omni Channel. 

Agen customer service juga dapat mengelola pesan yang membuat pesan konsumen akan ditangani oleh satu agen saja. Hal ini dapat membuat konsumen menjadi lebih senang dan puas.

Platform digital lainnya dengan memanfaatkan adanya WhatsApp Business yang dapat memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis baik langsung maupun tidak langsung seperti memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara langsung mengenai produk yang dimiliki. Selain itu, perusahaan juga dapat memanfaatkan WhatsApp Business untuk keperluan marketing dan promosi. 

Anda dapat menyetel balasan cepat (quick reply) untuk mengelola dan membalas percakapan dengan pelanggan secara efisien. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. 

Konsumen tidak hanya ingin barang yang bagus untuk mereka beli, namun konsumen saat ini membutuhkan pelayanan yang cepat, mudah, dan dapat menjawab semua pertanyaan yang ada dengan cepat dan tepat.

Solusi digital lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah dengan menggunakan Smart Chat Assistant. Dengan adanya smart chat assistant, perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan lebih mudah dan cepat sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan dapat melayani lebih banyak orang dengan lebih cepat melalui berbagai saluran yang berbeda. 

Pelanggan juga dapat dengan mudah menanyakan sesuatu ataupun mengajukan pertanyaan maupun komplain. Pelanggan hanya perlu mengetik pesan pada layar, tanpa mencari alamat email atau menelepon, sehingga pelanggan mendapat bantuan yang dibutuhkan dengan cepat.

Dengan menggunakan solusi digital berupa Omni Channel, WhatsApp Business, dan Smart Chat Assistant, perusahaan dapat menjawab semua kebutuhan customer dari berbagai saluran di media sosial dalam satu waktu.  Berbagai keunggulan yang dimiliki untuk menangani customer dengan menggunakan teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan perusahaan.

Selain itu, perusahaan dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. 

Teknologi digital tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun konsumen bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun