Mohon tunggu...
Arti Wahyu
Arti Wahyu Mohon Tunggu... Guru - Semangat kawan

Lakukanlah walau tindakan mu bernilai kecil, daripada tidak bertindak sama sekali

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Buku Lagend di Masanya

17 Juni 2021   20:48 Diperbarui: 18 Juni 2021   11:44 132 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buku Lagend di Masanya
 Dok.pri

Berbicara soal buku tidak akan ada habisnya. Semua orang pasti memiliki buku, entah itu buku tulis ataupun buku bacaan. Dan setiap orang pun memiliki buku bacaan favorit. Mulai dari buku cerita, buku tutorial, dan buku-buku menarik lainnya. 

Tapi, kalau berbicara masalah buku paling legendaris pada masanya mungkin buku ini patut jadi salah satu nominasinya. Buku lagend itu adalah RPUL. Pernah mendengar ? Terasa familiar ? Atau malah baru pertama kali mendengar ? Baiklah, mari kita perkenalkan buku ajaib ini.

Akronim dari RPUL adalah Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap. Dan seperti namanya, buku ini memang lengkap membahas materi pengetahuan umum. 

Mulai dari membahas presiden pertama sampai dengan presiden yang masih menjabat, kemudian membahas masalah kebudayaan Indonesia, peninggalan kerajaannya, kekayaan alam, serta masih banyak lagi yang berkaitan dengan Indonesia. Dan, buku ini juga membahas pengetahuan umum tentang negara-negara di dunia lho, walaupun secara singkat.

Tak sengaja aku menemukan kembali buku RPUL ku saat mencari buku tulis di dalam tumpukan kardus yang berisi barang-barang ku semasa remaja.  Sangat kaget, karena aku mengira buku RPUL ini sudah di hibahkan ke saudaraku.

Hampir semua anak di zamannya pasti memiliki buku RPUL. Tidak diwajibkan memiliki, namun dengan kesadaran diri masing-masing anak pasti berusaha untuk mempunyai RPUL. 

Anak-anak yang memegang RPUL di zamanku mayoritas mereka adalah siswa kelas 4, 5, dan 6. Mereka memiliki RPUL karena tuntutan pelajaran, selain itu RPUL merupakan buku penunjang bagi anak-anak untuk belajar materi IPS secara mendalam.

Buku ini sangat memorable sekali, namun sangat disayangkan hal ini tidak berlaku di zaman sekarang. Anak-anak di zaman ini saat di tanya apakah mereka tahu RPUL atau tidak kebanyakan menjawab tidak tahu. Maklum, ada beberapa faktor yang mengakibatkan anak-anak ini tidak tahu. 

Alasan pertama, orang tua dan guru tidak mengenalkan buku ini pada mereka (red: menurut pendapat salah satu anak). Alasan yang kedua, mereka tidak terlalu membutuhkan buku RPUL karena sudah ada suatu alat yang lebih canggih dan lebih mudah digunakan untuk mengakses berbagai informasi yaitu telepon genggam yang memiliki akses internet. 

Faktanya memang dengan menggunakan  internet kita dapat mengakses berbagai informasi dengan mudah, cepat, dan tidak membutuhkan waktu lama. Tinggal masuk di menu pencarian, ketik informasi yang diinginkan, dan ya semua artikel yang terkait tentang informasi yang dicari muncul. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN