Mohon tunggu...
Arsya Cahaya Salsabyla
Arsya Cahaya Salsabyla Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Maraknya Film Drama Luar Negeri di Indonesia

27 Januari 2021   21:24 Diperbarui: 27 Januari 2021   21:24 88 0 0 Mohon Tunggu...

Tidak dapat di pungkiri perkembangan internet di seluruh dunia sangat cepat. Di abad ke 21ini kita bisa mengakses apa saja di media sosial kita. Contohnya seperti Musik, Drama, Gambar, Kesenian, Budaya dari suatu daerah dan lain-lain. Internet berfungsi sebagai media pengetahuan dan sumber informasi bagi kita. Dengan adanya internet kita dimudahkan untuk mencari apa yang ingin kita cari. Seperti Serial drama luar negeri yang masuk ke Indonesia, di media sosial jika kita ingin melihat drama yang kita inginkan. Bisa membuka aplikasi khusus drama atau buka saja di Youtube. 

Pasti disitu banyak drama yang ada dan kita bisa menentukan drama apa yang ingin dilihat.

Salah satu media yang menyiarkan drama berupa media elektronik seperti tv. Contohnya pada masa pandemi ini, banyak film maupun drama dari beberapa negara yang ada di saluran tv Indonesia. Karena pada masa ini masyarakat banyak melakukan aktivitas di dalam rumah. Dan dengan melihat serial- serial drama tersebut membuat masyarakat tidak bosen dan membuat mereka betah di rumah.

Negara-negara yang serial drama maupun filmnya yang masuk ke Indonesia diantaranya: Korea,India,Turki, dan Barat. Saya pilih 2 negara saja, yaitu Korea dan India. Alasan serial drama dari kedua negara ini begitu disukai masyarakat Indonesia yaitu:

1.Drama Korea akhir-akhir ini banyak digandrungi oleh para remaja. Hal itu dikarenakan berkembangnya fenomena Kpop di Indonesia. Dengan adanya fenomena Kpop, membuat para remaja semakin menyukai Korea Selatan atau negeri ginseng tersebut. Dari mulai musik, fashion, budaya, drama,makanan dan bahasa. Bahkan para Kpopers sampai belajar bahasa Korea agar mereka bisa berkomunikasi dengan para idola mereka.

2. Sebetulnya dari dulu serial drama dari India begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena dari dulu hubungan antara negara India dan Indonesia sangatlah dekat. Bahkan banyak serial drama dan film-film dari negara mahatma gandhi itu, sukses menarik penonton dari Indonesia. Di antara serial-serial tersebut adalah: Mahabarata, Ashoka, Jodha Akbar, Kabhi Kushi Kabhi Gam, Jab Tak Hai Jaan ,dll. Serta musik-musiknya juga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Kali ini saya akan membahas serial India yang begitu digandrungi para remaja dan orang dewasa di tahun 2020 ini, adalah serial Radha Krishna. Radha Krishna sendiri adalah serial dari India yang diproduksi pada tahun 2018 dan sampai pada 2021 ini masih dalam proses syuting. Serial ini sendiri sampai saat ini sudah sampai season 4. Alasan serial ini banyak disukai, yaitu karena pemain memainkan perannya dengan sangat baik, jalan ceritanya dikemas dengan baik, musik yang disajikan sangat menyentuh, latar tempatnya juga bagus, serta banyak pesan moral yang didapat.

Bila dikaji dengan teori Modernisasi dari Huttington yaitu :
Menurut Samuel Huntington (1976), modernisasi bersifat revolusioner, yaitu terjadinya perubahan secara cepat dari tradisional ke modern, kompleks (melalui banyak cara), sistematik, global (akan mempengaruhi semua manusia), bertahap, akan mewujud berupa homogenisasi (convergency), dan progresif.

Sedangkan dalam politik, menurut Samuel P. Huntington, aspek modernisasi yang paling relevan dan berpengaruh ada dua kategori. Pertama ialah mobilisasi sosial, yang merupakan proses ketika gugus komitmen sosial, ekonomi, dan psikologi yang lama terkikis bahkan hancur dan orang-orang menerima pola baru dari sosialisasi dan perilaku.Perubahan itu berarti perubahan masyarakat dari nilai dan sikap yang tradisional yang dianut selama ini menjadi nilai-nilai yang lebih modern. Hal tersebut merupakan konsekuensi terhadap meningkatnya jumlah masyarakat yang melek huruf, mendapatkan pendidikan yang cukup, meningkatnya komunikasi, media massa yang diberi ruang lebar, dan urbanisasi.

Aspek kedua ialah pembangunan ekonomi yang mengarah kepada pertumbuhan pada setiap aktivitas ekonomi dan hasil produksi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi ini bisa diukur melalui pendapatan per kapita GNP, tingkat industrialisasi, dan tingkat kesejahteraan yang bisa dilihat melalui peningkatan angka harapan hidup, penghasilan, tersedianya rumah sakit dan dokter yang cukup. Mobilisasi sosial menyertakan perubahan aspirasi individu, kelompok, dan masyarakat, sedangkan pertumbuhan ekonomi termasuk perubahan dalam kemampuan mereka, dan modernisasi membutuhkan kedua hal tersebut.

Samuel P. Huntington dalam bukunya Political Order in Changing Societies, mengatakan bahwa modernisasi adalah sebuah proses multisegi yang menyertakan perubahan pada semua area pemikiran manusia dan aktivitasnya. Prinsip-prinsip dari modernisasi adalah urbanisasi, industrialisasi, sekularisasi, demokratisasi, pendidikan, dan partisipasi media. Dalam tahap psikologi, modernisasi merupakan perubahan mendasar dalam nilai-nilai yang dianut, sikap, dan harapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x