Mohon tunggu...
Abahna Gibran
Abahna Gibran Mohon Tunggu... Penulis Amatiran

Ingin terus menulis sampai tak mampu lagi menulis (Mahbub Djunaedi Quotes)

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Di Balik Pemecatan Ari Askhara, Ternyata Ada Proyek Erick Thohir di Garuda?

12 Desember 2019   15:18 Diperbarui: 12 Desember 2019   15:40 1172 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Balik Pemecatan Ari Askhara, Ternyata Ada Proyek Erick Thohir di Garuda?
Menteri BUMN Erick Thohir (Tribunnews.com)

Pemecatan yang dilakukan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir terhadap Ari Askhara dari kursi Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk,  berbuntut dengan dibeberkannya bisnis proyek Erick Thohir di perusahaan penerbangan pelat merah itu oleh host acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di salah satu stasiun televisi swasta, Karni Ilyas (kompas.com).

Dalam acara tersebut Karni Ilyas menyebut perusahaan Erick Thohir memiliki proyek di Garuda Indonesia.

"Proyek itu, ... seputar urusan handling," ujar Karni.

Juru bicara Kementerian BUMN, Arya Sinulingga membenarkan hal itu.

"Mahaka Group memang memiliki proyek terkait Garuda, tapi Mahaka hanya menyediakan artis. Nilainya sekitar Rp 300 juta," kata Arya

Lebih lanjut Arya menjelaskan, Mahaka, merupakan perusahaan yang berbisnis di media. Sebelum Erick Thohir menjadi Menteri BUMN, perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu sudah besar. Erick pun sudah mundur dari Mahaka Group, begitu masuk pemerintahan sebagai Menteri BUMN.

Arya juga menjelaskan, proyek itu mendatangkan dan mengelola artis dalam peluncuran pesawat jenis Airbus A300-900 Neo yang baru saja didatangkan dari pabrik Airbus di Toulouse, Perancis. Di pesawat itu kemudian didapati barang selundupan komponen motor bekas Harley Davidson dan Brompton.

Publik pun memang mengetahui latar belakang Erick Thohir. Sebelum diangkat menjadi Menteri BUMN, yang bersangkutan adalah seorang pengusaha yang terbilang sukses. Dengan bendera Mahaka Group.

Akan tetapi seorang Erick memiliki etika. Semua jabatan di perusahaannya dilepas saat ia menjadi pejabat pemerintah. Dan sepertinya seorang Karni Ilyas hanyalah sedang berusaha untuk meningkatkan rating acara yang dipandunya tersebut.

Tak soal memang. Biar semua orang tahu. Dan di satu sisi kita patut acung jempol kepada Karni Ilyas. Persoalan Erick Thohir yang punya proyek di Garuda indonesia menjadi terang-benderang.

Sementara di sisi lain, dampak yang diterima Karni ilyas sendiri sungguh memprihatinkan. Bukannya meraih rating positif dari topik yang diangkatnya itu. Melainkan cemoohan dan hujatan netizen terhadap yang bersangkutan pun bermunculan seakan sulit dibendung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN