Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Menikmati Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Heboh di Twitter Kaesang dan Gibran, Gara-gara Tulisan Kompasiana ini

7 Juni 2019   16:31 Diperbarui: 7 Juni 2019   17:09 1949
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kaesang Pangarep Merespon Tulisan Kompasiana | Gambar: Akun Twitter Kaesang Pangarep

Tulisan berjudul "Kaesang dan AHY, Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia" sempat membuat heboh lini masa twitter dari kedua putra Presiden Jokowi, Gibran dan Kaesang. Awalnya kehebohan terjadi  lebih dahulu di akun @Kaesang Pangarep lalu diikuti dengan akun twitter milik Gibran, @Chillipari.

Apa masalahnya? Sebenarnya  isi dari tulisan yang memandang istimewa figur Kaesang yang berkaitan dengan ucapan belasungkawanya dengan memakai jins dan terlihat sederhana tersebut, sebenarnya biasa-biasa saja,.

Meskipun ada yang membully (biasalah) dengan mengatakan Kaesang belum pantas, lebih cocok mengurus pisang atau belum ada ibu negara dan lain sebagainya, tak sedikit juga yang menyetujui pesan dalam tulisan tersebut, bahwa Kaesang punya potensi menjadi pemimpin di masa depan. 

Tentu saja maksud saya bukan untuk 2024 nanti, tetapi mungkin 10 atau 20 tahun mendatang. Siapa yang tahu garis tangan seseorang, termasuk Kaesang akan seperti apa kan?

Secara kronologis, kehebohan ini pada awalnya terjadi karena kesalahan pemasangan foto oleh sang penulis. Penulis yang berkeinginan memasang foto Kaesang dan AHY, ternyata memasang foto kakak Kaesang,Gibran dan AHY. Siapa penulisnya? Saya sendiri.

Foto Gibran dan Kaesang | Gambar : Tribun
Foto Gibran dan Kaesang | Gambar : Tribun
Saya akan menjelaskan mengapa saya memasang foto tersebut yang tidak ada unsur kesengajaan sedikitpun. Untuk keperluan gambar yang sesuai dengan isi tulisan, saya mengetik di google, "Kaesang dan AHY", lalu hasil yang keluar adalah gambar tersebut (Gibran dengan AHY) dengan beberapa caption dari berbagai sumber yang menuliskan Kaesang dsb yang seperti meyakinkan saya, bahwa itu memang adalah Kaesang dan AHY.

Setelah memosting tulisan, entah kenapa saya sedikit gelisah. Lalu saya mengecek di twitter, official twitter Kompasiana tentunya. Ternyata sudah ramai di situ, padahal belum lama tulisan itu dishare oleh admin. Kebanyakan menyalahkan admin Kompasiana mengapa memosting foto yang berbeda dengan judul.  

Saya sempat tenang dan merasa sedikit terselamatkan (karena belum disalahkan), meski di bagian komentar ada akun yang menjelaskan bahwa ini tulisan Arnold Adoe, bukan salah admin. Waduh.

Saya lantas mengambil langkah untuk mengganti foto tersebut, karena kesulitan menemukan foto yang sebagus di awal, saya lantas menggantinya dengan foto di meja makan saat berlangsungnya silahturahmi antara AHY dan Jokowi sekeluarga di Istana Negara.

Wah, masalah belum terselesaikan karena ternyata di twitter, foto pertama akan terus tampak di lini masa atau dinding twitter, meskipun jika orang membuka tulisan kita, foto itu sebenarnya sudah terganti.

Admin Kompasiana, siapapun orangnya (saya menduga mas Kevin atau tim IT,upps),  ternyata melakukan hal yang kocak. Foto Gibran diedit dengan menggunakan kepala Kaesang. Lalu menuliskan bahwa sudah ada ralat foto. (Foto diedit tersebut bisa dilihat di tulisan ini).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun