Mohon tunggu...
Arjjuna Girindrawangsyaya
Arjjuna Girindrawangsyaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Catatan Perjalanan Pulang Kampung ke Muara Labuh, Sumatera Barat

19 September 2022   15:43 Diperbarui: 19 September 2022   15:54 514 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pada tahun 2019, saya dan ibu saya berencana untuk pulang kampung atau yang biasa ibu saya bilang "balik kampong". Pada awalnya saya meminta kepada ibu saya untuk pulang kampung di tahun itu, karena pada bulan Januari hingga November saya memiliki kontrak kerja sehingga saya berfikir untuk menyisihkan uang saya supaya bisa pulang kampung bersama ibu saya. Ya walau tidak banyak namun itu bisa mempermudah ibu saya ketika membeli tiket atau keperluan lainnya.

Kampung saya terletak di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat. Jarak dari kota padang ke Desa Muara Labuh sekitar 125.8km dengan lama perjalanan kurang lebih 4 jam. 

Ya memang cukup lama karena di sepanjang perjalanan dari padang ke kampung saya melewati banyak sekali jalan yang berbelok dikarenakan medan perjalanan yang berada di perbukitan dan pegunungan. 

Tentu saja bukan perjalanan yang mudah untuk anak anak dan orang tua lanjut usia namun untuk saya sendiri, pada pertama kali saya pulang kampung itu sangatlah perjalanan yang melelahkan namun di sepanjang perjalanan kita dapat liat pemandangan yang sangat indah sekali dari perbukitan, sungai, danau dan hutan.

Pada bulan Desember 2019 akhirnya saya dan ibu saya memutuskan untuk membeli tiket untuk pulang kampung, namun perjalanan ini ibu saya memilih untuk melewati jalur darat dan laut. 

Ketika ibu saya memberi tahu kalo kita pulang kampung menggunakan bus, ekspresi saya sangat senang karena saya akan mendapatkan pengalaman yang baru, dan kita juga akan melewati banyak pemandangan yang sangat indah dan beragam dari pemandangan kota besar, kota kecil, pelabuhan, laut, pegunungan dan lain-lain. 

Perjalanan dari Jakarta ke Muara Labuh berjarak 1,165km dan menghabiskan 2 hari 2 malam tergantung pada kondisi cuaca, jalan dan pihak travel yang berhenti di berbagai tempat peristirahatan.

Beberapa hari sebelum keberangkatan kita mendapatkan berita buruk dari travel busnya, mereka memberi tahu bahwa bus yang kita beli tiketnya mengalami kendala teknis jadi menurut ibu saya lebih baik di refund dan membeli dari travel yang lain. Karena maskapai lain sudah penuh jadi ibu saya memutuskan untuk menggunakan travel bus baru yang ratingnya cukup rendah. Tapi mau gimana lagi yang penting kita berangkat pulang kampung jadi kita membeli dari travel bus itu.

Pada di hari keberangkatan saya dan ibu saya berangkat dari rumah ke terminal kampung rambutan, sesampainya di sana kami menunggu bus yang kami akan naikan walau ada keterlambatan 30-45 menit. 

Pada akhirnya bus kami datang dan lalu kami menempatkan tempat duduk, ya karena sesuai dengan ratingnya beberapa fungsi di dalam bus sudah rusak seperti penutup ac yang tidak bisa di tutup, tidak lama dari itu sekitar 10-15 menit bus kami berangkat dari terminal.

Perjalanan pertama kita sedang mengarah ke Pelabuhan merak, perkiraan 2 sampai 3 jam ya pada awalnya saya dan ibu saya masih semangat melihat perjalanan, mendengarkan lagu, dan nyemil-nyemil makanan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan